Parah! Baru 3 Hari Dibersihkan Pandawara Group, Sungai Citarum Kotor Lagi

Jakarta, GPriority.co.id – Setelah 3 hari lalu dibersihkan oleh Pandawara Group, Sungai Citarum dilaporkan kembali kotor, akibat ratusan ton sampah yang kembali mengotori Sungai di daerah Desa Selacau, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat tersebut pada Kamis (20/6/2024). Sontak, hal ini pun menyita perhatian publik.

Tak lama setelah dibersihkan, sampah yang mencemari Sungai Citarum kembali datang. Warganet pun menyoroti masalah ini sebagai akibat dari kebiasaan membuang sampah sembarangan, dan penurunan ketinggian air, serta sedimentasi Sungai Citarum.

Pemerintah setempat, dilaporkan telah menekankan pentingnya disiplin dalam pembuangan sampah dan mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Dilansir dari antara, sebelunya ramai di media sosial mengenai postingan yang memperlihatkan Sungai Citarum dipenuhi sampah sebelum dibersihkan oleh tim Pandawara Group.

Pandawara Group sendiri merupakan sekelompok aktivis lingkungan hidup. Bersama dengan warga sekitar, mereka melakukan pembersihan Sungai Citarum yang sangat kotor karena dipenuhi ratusan sampah.

Setelah pembersihan, terlihat bahwa kondisi Sungai Citarum membaik secara signifikan. Namun sayang, tiga hari kemudian sampah pun kembali memenuhi kawasan sungai tersebut.

Lebih lanjut dilaporkan, saat ini Pemprov Jawa Barat telah memperpanjang masa pembersihan sampah selama 1,5 bulan lagi. Hal ini dikarenakan masih adanya penumpukan sampah di sepanjang kawasan Sungai Citarum.

Foto : Instagram / @pandawaragroup