PDN Mulai Pulih, Layanan Publik Kembali Berangsur-angsur

Jakarta, gpriority.co.id – Setelah mengalami gangguan selama beberapa hari akibat serangan siber, Pusat Data Nasional (PDN) milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai menunjukkan pemulihan.

“PDN sudah mulai pulih dan layanan publik yang terdampak gangguan secara bertahap kembali normal,” ujar Juru Bicara Kominfo, Dedy Gusmadi dalam keterangannya dilansir pada Selasa (25/6).

Ia menjelaskan bahwa tim teknis Kominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) telah bekerja keras selama 24 jam non-stop untuk memulihkan sistem PDN. Upaya ini membuahkan hasil dengan pulihnya beberapa layanan publik seperti pengurusan paspor dan visa, e-KTP, dan sistem perpajakan.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi selama gangguan ini. Kami terus berupaya untuk memulihkan seluruh layanan publik sesegera mungkin,” tambah Dedy.

Sementara itu, BSSN masih terus melakukan investigasi terhadap serangan siber yang menimpa PDN. Badan tersebut belum memberikan informasi terkait pelaku dan motif di balik serangan ini.

Dedy mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati saat menggunakan layanan online.

“Masyarakat perlu menggunakan password yang kuat dan unik untuk setiap akun, serta mengaktifkan two-factor authentication (2FA) untuk meningkatkan keamanan,” katanya.

Foto: Ilustrasi, CBRE Thailand