Pemanis Alami Pengganti Gula

Masyarakat pada umumnya ingin mengurangi kadar gula dalam makannya, sebab gula banyak dikaitkan dengan berbagai penyakit serius, seperti obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Gula juga bisa menyebabkan kerusakan mulut dan juga gigi. Konsumsi gula yang berlebihan juga dapat merusak metabolisme tubuh, yang berakibat pada peningkatan insulin dan penyimpanan lemak.

Untuk Anda pecinta makanan manis, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, salag satunya yaitu dengan menggunakan bahan alami sebagai pengganti gula, diantaranya:


1. Stevia

Stevia (Stevia rebaudiana) adalah pemanis alami yang diekstrak dari daun tanaman stevia asal Amerika Selatan. Stevia 100% alami, tidak mengandung kalori, dan tidak memiliki efek kesehatan yang merugikan. Pemanis dari stevia telah terbukti menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah.


2. Xylitol

Xylitol adalah alkohol gula yang mengandung 40% lebih sedikit kalori daripada gula. Memakannya dalam jumlah sedang biasanya aman, tetapi xylitol bisa sangat beracun bagi anjing.


3. Erythritol

Eythritol adalah alkohol gula yang rasanya hampir persis seperti gula, tetapi hanya mengandung 6% kalori. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah erythritol berkontribusi pada kenaikan berat badan pada beberapa orang.


4. Luo Han Guo

Luo Han Guo adalah tanaman yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Buah ini mengandung gula alami seperti fruktosa dan glukosa, rasa manis didapatkan dari antioksidan yang disebut mogrosides. Mogrosides memberikan jus buah biksu dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi.

5. Yacon Syrup

Sirup yacon mengandung sepertiga dari kalori gula biasa. Ini juga sangat tinggi dalam fructooligosaccharides, yang memberi makan bakteri baik di usus dan dapat membantu penurunan berat badan.


6. Gula Kelapa

Gula kelapa mengandung sedikit serat dan nutrisi, tetapi fruktosa tinggi dan harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.


7. Madu

Madu mengandung antioksidan dan sejumlah kecil vitamin dan mineral. Madu juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan, tetapi masih gula dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.


8. Sirup Maple

Sirup maple mengandung beberapa mineral dan lebih dari 24 antioksidan berbeda. Sirup ini juga memiliki indeks glikemik sedikit lebih rendah daripada gula biasa, tetapi masih akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.


9. Molase

Molase mengandung nutrisi yang mendukung kesehatan tulang dan jantung. Meskipun demikian, gula masih tinggi dan harus dikonsumi secara moderat. (Dwi.foto.dok.Istimewa)

Related posts