Rosacea, Penyakit Kulit Apakah Itu

Rosacea adalah gangguan kulit wajah yang ditandai dengan kulit kemerahan dan bintik yang menyerupai jerawat di area hidung, pipi, dahi, dan dagu.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan kulit wajah menebal dan pembuluh darah terlihat dan membengkak. Wajah juga kadang dipenuhi dengan benjolan kecil, merah, dan berisi nanah.

Penyakit kulit ini tidak bisa disembuhkan, dan tergolong jenis penyakit kulit yang tidak menular.

Belum diketahui secara pasti apa penyebab dari rocasea ini, namun umumnya penyakit ini menyerang wanita berumur yang memiliki kulit putih, dan faktor genetik dari orang tua maupun lingkungan.

Adapun faktor lain yang diduga memicu munculnya rosacea diantaranya yaitu terpajan sinar matahari, angin, dan suhu udara dingin atau panas, mengonsumsi makanan pedas, minuman panas, minuman beralkohol atau berkafein.

Efek samping penggunaan produk perawatan wajah yang tidak tepat juga bisa menimbulkan rosacea, melakukan olahraga yang terlalu berat, dan mengalami stres.

Gejala khas dari penyakit ini adalah ruam kulit kemerahan pada wajah yang tak kunjung hilang, terutama di bagian tengah. Durasi ruan merah bisa berlangsung berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Bisa jadi kemerahan ini justru semakin menjadi-jadi.

Selain itu, tanda lain bisa muncul dalam bentuk yang berbeda-beda bergantung pada jenis rosacea yang dialami.

Sebenarnya rosacea tidak termasuk penyakit yang berbahaya. Namun kondisi ini dapat menyebabkan beberapa komplikasi, yaitu pembengkakan dan kemerahan permanen pada kulit wajah, masalah psikologis, seperti malu atau rendah diri, hidung bengkak secara permanen, dan kerusakan serius pada mata. (Dwi.foto.dok.Istimewa)

Related posts