Pembalap Aprilia, Aleix Espargaro akan Pensiun dari MotoGP di Akhir Musim 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Pembalap MotoGP dari tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro, mengumumkan akan pensiun dari kelas balap MotoGP pada akhir tahun 2024.

“Pada akhir musim ini saya akan pensiun sebagai pembalap MotoGP. Ini telah menjadi perjalanan yang menyenangkan, saya sangat menikmatinya, terima kasih semuanya,” kata Espargaro dalam konferensi pers jelang MotoGP Catalunya di Barcelona, Spanyol, dikutip pada Jumat (24/5).

Pembalap Spanyol itu mengatakan bahwa perjalanannya di kelas balap motor premier ini sangat spesial. Baginya, bisa berkompetisi dan tampil sebagai salah satu pesaing hebat selama bertahun-tahun bagaikan mimpi yang menjadi kenyataan.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian saya sejauh ini. Anak kecil itu, yang memulai debutnya di sini bertahun-tahun yang lalu akan sangat bahagia,” kata Espargaro, merujuk pada dirinya di masa kecil.

Espargaro mengatakan ingin fokus untuk menghabiskan waktu bersama keluarga kecilnya. Selain itu, ia juga berterima kasih kepada semua pihak yang terus mendukungnya selama ini.

“Saya ingin berterima kasih kepada Aprilia. Kami membuat sejarah dan saya akan selamanya berterima kasih atas semua yang telah mereka berikan kepada saya, dan semua yang dapat saya berikan kepada mereka,” kata Espargaro.

“Saya ingin berterima kasih kepada keluarga saya, saudara laki-laki saya (Pol Espargaro), yang selalu menjadi rujukan saya. Dan kepada seluruh tim pribadi saya, kepada istri saya Laura, serta seluruh pembalap di paddock,” ujarnya menambahkan.

Ia pun kemudian berpesan kepada para pembalap yang masih berkompetisi di semua kelas bahwa bakat tidak akan bisa berkembang bila tidak ditempa dengan keinginan yang kuat dan upaya yang keras untuk meraih kemenangan atau pun mimpi yang ingin dicapai.

“Ada banyak pembalap di dunia yang menang lebih banyak dari saya, tapi saya memberikan semua yang saya miliki dan bekerja sangat, sangat keras,” kata Espargaro.

“Berkali-kali, saya merasa mungkin saya tidak memiliki bakat yang dimiliki pembalap lain, tapi dengan bekerja keras saya mencapai level yang cukup tinggi,” ujarnya menambahkan.

Sebagai informasi, Aleix Espargaro hingga saat ini telah berkompetisi di lebih dari 300 Grand Prix sepanjang kariernya, yang hampir menginjak satu dekade. Espargaro telah menjalani debut di MotoGP sebagai pembalap pengganti di Pramac pada 2009 lalu tampil semusim penuh pada 2010.
Meski sempat turun sejenak ke kelas Moto2 setelah itu, Espargaro kembali ke kelas tertinggi balap motor pada 2012 bersama Aspar dengan motor spesifikasi CRT dari Aprilia.

Foto: LLUIS GENE/AFP