Pemkab Karawang Adakan Imunisasi PCV untuk Bayi

Dalam rangka melindungi anak dari penumonia, Kabupaten Karawang, Jawa Barat akan melaksanakan program imunisasi baru untuk bayi, yaitu Imunisasi PCV (pneumococcal conjugate vaccine).

Hal tersebut disampaikan Pemerintah Kabupaten Karawang, melalui akun instagram @diskominfokrwab, Minggu (12/09/2021).

“Sekarang ini di karawang sudah ada Program Imunisasi baru yaitu Imunisasi PCV, imunisasi PCV ini diberikan untuk melindungi anak dari pneumonia,” tulisnya.

Pneumonia ini bisa menyerang siapa saja baik orang dewasa, anak-anak maupun bayi. Pneumonia sendiri adalah infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli) dan menimbulkan gejala seperti demam, batuk dan kesulitan bernapas yang ditandai dengan nafas cepat.

Imunisasi PCV adalah imunisasi yang diberikan untuk mencegah penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus.

Yang perlu diimunisasi PCV yaitu seluruh bayi usia 2 bulan (dosis pertama), 3 bulan (dosis kedua) dan 12 bulan (dosis ketiga) diberikan dengan disuntikan.

Diinformasikan bahwa pemberian imunisasi PCV aman diberikan bersama vaksin lain seperti DPT-Hb-Hib, jadi tidak perlu khawatir untuk penyuntikan multiinjection.

Adapun pelaksanaan perdana vaksinasi ini dilakukan di Mal Karawang Centra Plaza, tanggal 16 September 2021, mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai.

“Mangga Akang Teteh yang punya bayi lahir per tanggal 1 Mei 2021 dibawa anaknya ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan Imunisasi PCV secara GRATIS dan di Mal Karawang Central Plaza tanggal 16 September 2021,” tutupnya. (Dwi.foto.dok.Istimewa)

Related posts