Pemkab Muara Enim Dukung Kemandirian Pangan Sumsel

Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan mendukung Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (SMP), yang dipelopori Pemprov Sumsel melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura (TPH).

Pj Sekretaris Daerah Muara Enim ,Drs. Emran Thabrani mengatakan kehadiran Gerakan SMP ini dapat membantu mengoptimalkan pertanian sawah padi yang ada di Kabupaten Muara Enim.

“Karena padi yang dihasilkan dari area persawahan di Kabupaten Muara Enim memberikan kontribusi pada ketahanan pangan di Sumsel,” katanya, Selasa (05/10/21).

Emran pun meminta kepada Dinas Pertanian dan TPH Kabupaten Muara untuk turun kelapangan melibatkan Dinas terkait mulai hari ini (06/10/21), untuk melakukan pendataan ulang terhadap data Rumah Tangga Miskin (RTM) dari data Pemerintah Provinsi Sumsel yang benar – benar berhak menerima manfaat program ini.

Selain dilakukan pengecekan data, dilakukan juga pendataan komoditi apa yang memang cocok diterima RTM. Kemudian optimalkan peran tenagan penyuluh yang diberikan tugas mengawal dan mengawasi program Gerakan SMP ini, karena bantuan yang diberikan bukan uang melainkan barang.

“Sebelum dilaunching pada akhir Oktober 2021 ini siapkan satu kecamatan satu desa yang menjadi wilayah percontohan untuk program ini. Semoga dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini bisa berhasil sehingga masyarakat miskin terangkat martabatnya,” tutupnya. (Dwi.foto.dok. Humas Muara Enim)

Related posts