Pemkot Medan Studi Tiru UP2K Tangsel

Jakarta,Gpriority.co.id-Dalam rangka mewujudkan pengembangan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK, Pemerintah Kota Tangerang yang diwakili tim penggerak (TP) PKK Kota Medan dipimpin Kahiyang Ayu melakukan kunjungan kerja ke TP PKK Tangerang Selatan (Tangsel), Banten.

TP PKK Kota Medan yang berkunjung ke Tangsel pada Selasa (9/8/2022) mendapat sambutan yang cukup hangat dari Wali Kota Benyamin Davnie.

Kepada Benyamin Davnie, Kahiyang Ayu mengatakan bahwa Pemkot Tangsel berhasil meningkatkan UP2K PKK-nya, untuk itulah keberhasilan ini harus ditiru sehingga UP2K PKK Kota Medan kualitasnya juga bisa terangkat.

Istri Wali Kota Medan ini melanjutkan, keberhasilan UP2K perlu didorong menjadi usaha yang tidak hanya sekedar menambah penghasilan keluarga, tetapi juga mampu memberikan kontribusi perekonomian suatu daerah.

“Pada dasarnya di Kota Medan, kondisi ekonomi merupakan faktor terpenting mewujudkan keluarga sejahtera atau dengan kata lain semakin kuat kondisi ekonomi keluarga, maka kesejahteraan akan semakin meningkat,” jelasnya.

Kahiyang Ayu juga mengatakan bahwa UP2K di Kota Medan kualitas peningkatannya masih kurang, ” Untuk itulah program Sakasanwira (satu kelurahan satu sentra kewirausahaan) yang diinisiasi Wali Kota Medan Bobby Nasution sedang dilakukan,” katanya.

Menutup sambutannya, Kahiyang berharap TP PKK Kota Tangsel dan Kota Medan berkolaborasi mengembangkan peningkatan usaha perekonomian keluarga melalui usaha kelompok dan perorangan.

Sementara Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie dalam siaran persnya mengatakan bahwa Tim Penggerak PKK Kota Medan ingin belajar mengembangkan organisasi kemasyarakatan ini mirip dengan Kota Tangsel. Alasannya karena di daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang tercatat telah menghasilkan prestasi tingkat nasional.

” Mulai dari Pakarti Utama II UP2K 2017 yang diraih Kelurahan Muncul, Kecamatan Setu. Kemudian juga penghargaan Pakarti Utama II UP2K 2018 yang berhasil ditorehkan Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur hingga produk-produk UMKM warga Tangerang Selatan. Mulai dari makanan, pakaian, air, handicraft dan lain sebagainya,” terang Benyamin.

Ketua TP PKK Kota Tangsel, Tini Indrayanthi menyampaikan organisasi mitra kerja pemerintah ini akan terus mencoba berkontribusi. Sesuai tujuan mendasarnya yakni membangun kesejahteraan mulai dari skala keluarga.

“Kami punya koperasi yang diberi nama PKK Mart. Ini sebagai tempat untuk memperkenalkan dan menjual produk produk UMKM yang meningkatkan pendapatan keluarga,” terangnya.
(Hs.Foto.Diskominfo Tangsel)

Related posts