Penengahan Fair 2023 Diharapkan Jadi Ajang Promosi UMKM

Penulis : NSY/Ponco | Editor : Lina F | Foto : Pemkab Lampung Selatan

Penengahan, Gpriority.co.id – Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menggelar event bertajuk ‘Panengahan Fair 2023’. Ajang ini diharapkan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menjadi ajang promosi produk unggulan dari seluruh pelaku UMKM dan IKM di Kecamatan Penengahan.

Berbicara dalam pembukaan Penengahan Fair 2023 di Lapangan Sepak Bola, Desa Klaten, Kecamatan Penengahan pada Kamis (20/07), Bupati Nanang juga berharap UMKM yang ada di Kecamatan Penengahan dapat terus bergerak, agar terjadi perputaran ekonomi, sehingga dapat membantu menyejahterakan masyarakat. “Mudah-mudahan setelah dikukuhkannya pengurus, UMKM di Kecamatan Penengahan ini terus bergerak. Apa yang ada di desa-desa di Kecamatan Penengahan ini terus digali. Itulah tugas dari pengukuhan pengurus UMKM Kecamatan Penengahan ini,” ujarnya seperti dikutip dari laman Pemkab Lamsel.

Menurutnya, Kecamatan Penengahan merupakan salah satu daerah yang sangat luar biasa, mempunyai kebhinekaan dan peninggalan sejarah yang tidak dimiliki daerah lainnya. Dirinya pun mengapresiasi kegiatan Penengahan Fair 2023 yang kental dengan keberagaman adat dan budaya.

Sebagai informasi, Penengahan Fair ialah event tahunan yang diisi dengan beragam pertunjukan seni, adat dan budaya yang memukau, seperti tarian tradisional, musik lokal, dan parade adat dan budaya yang masuk dalam kalender event tahunan Pemkab Lamsel. Adapun tema pada tahun ini ialah “UMKM Berevolusi (Berkreasi, Berinovasi dan Bertransformasi)”. Kegiatan ini sendiri berlamgsung dari tanggal 20-24 Juli 2023.

Camat Penengahan Jaylani menjelaskan, Penengahan Fair bertujuan untuk menggerakkan dan menggairahkan kembali pelaku UMKM dan IKM sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenalkan potensi sekaligus sebagai ajang promosi kearifan lokal dan sebagai ajang silaturahmi bertukar informasi para pelaku UMKM,” pungkasnya.