PERAYAAN TRI SUCI WAISAK DI PANDEMI COVID-19

Magelang,gpriority-Waisak kali ini berbeda dengan sebelumnya, Candi mendut dan borobudur di Magelang Jawa Tengah nampak lengang lantaran tak ada satu pun umat budha yang mengadakan ritual menyambut datangnya tri suci waisak 2564 putis era 2020, yang jatuh pada hari ini Kamis 7 mei.

Menurut Ken Tiono pengurus vihara Vipassana Afalogi Tespara Bojong Mendut Kabupaten Magelang, tahun lalu sebelum ada pandemi Covid-19 perayaan tri suci waisak selalu di ikuti lebih dari 5000 umat budha dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Mereka biasanya sudah hadir untuk mengikuti beberapa rangkaian acara seperti; puja bakti persemayaman air suci waisak yang di ambil dari ubul jumlit Temanggung, serta api abadi di brakban Purwodadi Grobogan, puja bakti dengan Selatan di candi mendut kecamatan mungkit.

Selain itu juga ada bakti sosial seperti pengobatan gratis dan juga pembagian sembako. Sedangkan menjelang detik-detik waisak biasanya umat mengadakan prosesi dari candi mendut menuju ke borobudur dengan berjalan kaki sejauh 3 KM.

” Namun sekarang sesuai edaran yang dikeluarkan dirjen binmas budha, adanya pandemi Covid-19 ini maka umat budha dalam merayakan hari tri suci waisak di laksanakan dirumah masing-masing,” ucap Ken Tiono.

Sedangkan untuk wihara hanya diadakan untuk pengurus saja dan juga bante atau biku. Apabila di pihara ada bante maka Bante boleh memimpin acara ritual puja bakti untuk perayaan tri suci waisak. (Hs)

Related posts