Peringatan 68 Tahun KAA di Bandung, Kibarkan 109 Negara Peserta KTT Asia-Afrika

Penulis : Dimas | Editor : Haris | Foto : Kemlu

Bandung,GPriority.co.id-Kementrian Luar Negeri menyelenggarakan Puncak Peringatan 68 Tahun Konferensi Asia – Afrika (KAA) di Bandung, Jawa Barat pada 17 – 18 April 2023.

Dalam keterangan persnya, kegiatan ini mengusung tema besar “Road to 2025: Towards Stronger Asia-Africa”. Dimulai dengan acara Jamuan Teh Petang dan dilanjutkan dengan Upacara Pengibaran 109 Bendera Negara-negara Peserta KTT Asia Afrika lalu 1 Bendera PBB.

Lalu, Direktur Diplomasi Publik, Yusron B. Ambary, selaku tuan rumah juga sekaligus menyampaikan Keynote Speech.

Adapun Guest of Honor dalam acara Jamuan ini adalah Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia, Y.M. Admiral. Prof. Jayanath Colomabge, beserta Istri.

Lebih lanjut dalam kesempatan acara jamuan, Prof. Dr.-Ing. Wardiman Djojonegoro, selaku salah satu saksi sejarah yang bertugas sebagai Liaison Officer (LO) pada saat perhelatan Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955, hadir untuk membagi pengalaman saat penyelengggaraan KAA di masa itu.

Acara Jamuan ini berkonsep iftar, serta menyajikan sejumlah pertunjukkan seni budaya sebagaimana yang ditampilkan pada saat pelaksanaan KAA 1955, antara lain penampilan Angklung dan Tari Merak. Sajian kudapan serta makan malam pun turut dihadirkan, merujuk pada jenis-jenis kudapan dan makanan saat berlangsungnya KAA 1955.

Pada pengibaran bendera, sebanyak 109 Bendera Negara-negara Peserta KTT Asia-Afrika dan 1 Bendera PBB. Bendera-bendera yang dikibarkan ini merujuk pada perhelatan KTT Asia Afrika tahun 2015.

Pengibaran Bendera melibatkan lebih dari 400 (empat ratus) anggota Pramuka Kwartir Cabang Kota Bandung. Keterlibatan Pramuka KAA ini merupakan kali kedua dalam tradisi pengibaran bendera di Museum KAA pasca pandemi. Peringatan 68 Tahun KAA kali ini juga merupakan pertama kalinya dihadiri kembali oleh Perwakilan Negara Asing pasca pandemi.

Bertindak sebagai Pembina Upacara ialah Duta Besar Teuku Faizasyah, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri. Upacara Pengibaran Bendera juga mengundang kehadiran Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, beserta unsur Muspida Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung.

Sejumlah pejabat diplomatik dari Perwakilan Negara Asing di Indonesia antara lain Duta Besar Sri Lanka, Duta Besar Nigeria, Duta Besar Afrika Selatan, Duta Besar Tunisia, Duta Besar Yordania, Wakil Duta Besar Iraq, Counsellor Kedubes Arab Saudi, Counsellor Kedubes Thailand, serta Sekretaris Kedua Kedubes Malaysia. Turut hadir juga Perwakilan Pejabat Pratama dari Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik serta Direktorat Jenderal Asia, Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri.

Publik dapat menyaksikan rangkaian kegiatan Puncak Peringatan KAA secara daring melalui platform zoomdan kanal YouTube resmi Museum KAA @AsiAfricaMuseum.