Peringatan Hari AIDS Sedunia

Masyarakat diseluruh dunia memperingati Hari AIDS sedunia pada tanggal 1 Desember. Peringatan yang ditandai dengan penggunaan pita merah ini sudah ada sejak 1988. Hari AIDS Sedunia memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bersatu menunjukkan dukungan kepada orang yang hidup dengan HIV.

Pita merah sendiri sudah menjadi simbol kesadaran terhadap AIDS yang diakui secara internasional, digunakan untuk memberikan dukungan pada orang-orang dengan HIV dan mengenang mereka yang meninggal karena penyakti terkait AIDS.

Berdasarkan data WHO, pada 2019 tercatat 38 juta orang terinfeksi HIV.Kasus baru di tahun 2019 sebanyak 1,7 juta. Lalu 690 ribu orang meninggal karena terkait HIV.

Hari AIDS Sedunia penting diperingatkan untuk mengingatkan masyarakat dan pemerintah. Kita perlu mengingat bahwa HIV masih belum hilang dan masih butuh penggalangan dana, meningkatkan kesadaran, melawan stigma, serta meningkatkan pendidikan tentang HIV/AIDS.

Dengan adanya peringatan Hari AIDS Sedunia, diharapkan masyarakat bisa lebih sadar akan penularan HIV. Tidak hanya itu, Hari AIDS Sedunia juga hadir untuk memerangi stigma negatif yang kerap menempel pada orang yang mengidap HIV. (VIA)

 

Related posts