Perjalanan Kacang Kenari Dari Hutan Sampai ke Meja

Kacang kenari merupakan salah satu hasil hutan yang memiliki banyak nutrisi. Tak hanya itu kacang kenari juga bisa digunakan sebagai hiasan kue.

” Intinya adalah kacang kenari memiliki hasil hutan yang memiliki manfaat ekonomi,” ucap Martinus selaku owner dari Timur Rasa.

Berdasarkan alasan itulah Martinus di tahun 2017 mencoba untuk menjual kacang kenari. ” Hasilnya bisa membuat perekonomian masyarakat di Pulau Makean dan Pulau Alor sejahtera,” ucap Martinus.

Ketika ditanya kenapa Pulau Makean dan Alor yang dipilih. Menurut Martinus, Pulau Makean merupakan salah satu gunjng aktif dan rawan longsor,makanya tanaman kenari tumbuh subur di sana. Dan kenari di sana sudah 400 sampai 300 tahun.

Sementara dipulai Alor kenari cukup tinggi dan besar dan itu cukup menjaga untuk menyimpan air.

” Itulah alasan kami kenapa memilih dua tempat tersebut,” jelas Martinus.

Mengenai peran perempuan di sana, Martinus mengatakan peran perempuan sudah cukup bagus dan aktif. Dan pembagian pekerjaan kebun sudah ada suatu sistem. Dimana laki-laki.mengambil pekerjaan kasar dan perempuan mengambil bagian tertentu dari pekerjaan laki-laki seperti memungut dan mengupas cangkangnya.

“Mereka berkumpul 5 sampai 6 orang. Dan kami datang ke sana untuk meningkatkan pengetahuan masa simpan agar lebih panjang,” ucapnya.

Sekedar informasi, Timur Rasa bekerjasama dengan masyarakat di desa terkait kenari dan dukung oleh perempuan dan membangun ekonomi hijau.(Hs.Foto.Hs)

Related posts