Polri Ikuti Bimtek Online KIPP 2020

Jakarta,gpriority-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tetap mengoptimalkan pelayanan publik dengan jalan digital meskipun pandemi covid-19 masih merebak.

Berbekal alasan tersebut Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pun menghubungi Kementerian PAN RB untuk bisa melakukan bimbingan teknis atau Bimtek seputar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2020 melalui video conference. Dan hal ini pun langsung disetujui Kementerian PAN RB.

Inovasi pelayanan publik bisa disebut menjadi budaya Korps Tri Brata tersebut. “Hal ini sejalan dengan arahan pimpinan Polri yang menghendaki, bahwa inovasi pelayanan publik agar menjadi budaya organisasi polri,” ujar Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat memberikan arahan pada Bimtek online yang diikuti oleh perwakilan 89 Kepolisian Daerah (Polda), Rabu (15/04).

Kegiatan bimtek online ini membahas materi kebijakan KIPP tahun 2020, pengenalan dua kelompok inovasi baru selain kelompok inovasi umum, yaitu kelompok replikasi dan khusus, serta diskusi mengenai sembilan kategori inovasi pelayanan publik yang dapat dipilih oleh inovator.

Apresiasi juga disampaikan oleh Diah terhadap antusiasme Polri dalam peran sertanya dalam mengikuti KIPP. KIPP Tahun 2020 dibuka beberapa pekan lalu dan merupakan ketujuh kalinya sejak diselenggarakan pertama kali Tahun 2014. Dikatakan juga bahwa sebanyak tiga belas inovasi dari Polri berhasil mendapat penghargaan pada KIPP sampai dengan tahun 2019.

Sejak awal KIPP dilaksanakan, sebanyak 13 inovasi Polri berhasil mendapat penghargaan. Berdasarkan data yang diterima, beberapa unit di POLRI sudah mereplikasi inovasi unit lain yang menjadi Top Inovasi pada KIPP. Dari 13 inovasi tersebut, ada empat inovasi terbaik Polri yang bisa masuk dalam kelompok khusus dalam KIPP 2020. Inovasi Polri bisa ikut serta Kembali adalah, Panic Button on Hand (Top 35 tahun 2016), BPKB Delivery (Top 40 tahun 2017), RM papeda Polres Jayapura (Top 40 tahun 2018), serta Membangun Pelayanan Publik Melalui Patroli Edukasi Brimob Polda Jambi pada Suku Anak Dalam (Top 40 tahun 2018)

Dalam kesempatan tersebut, Diah juga menyampaikan terima kasih atas dedikasi seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19. “Disaat kami, ASN yang lain dapat melaksanakan pekerjaan dari rumah, koordinasi dari rumah dan rapat dari rumah, rekan-rekan kita di Kepolisian masih harus memastikan agar keamanan di masa-masa sulit seperti sekarang ini tetap terjaga,” ungkap guru Besar Universitas Sriwijaya tersebut.

Bimbingan teknis atau Bimtek ini dikuti oleh Asisten Perumusan Kebijakan Pelayanan Publik Kementerian PANRB Muhammad Imannuddin, Kepala Biro Reformasi Birokrasi Polri Srena POLRI Brigjen. Pol. Angesta Romano Yoyol, perwakilan dari 89 Kepolisian Daerah, Kepolisian Resor Kota dan Kepolisian Resor dari berbagai wilayah. (Hs)

Related posts