Profil Wakil Bupati Halmahera Timur, Anjas Taher

Wakil Bupati Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara saat ini dijabat oleh Anjas Taher, S.E., M.Si dengan periode masa jabatan 2020 – 2025.

Anjas Taher ditetapkan oleh KPU Haltim sebagai wakil bupati bersama dengan Drs. H. Ubaid Yakub, MPA, selaku bupati Haltim melalui Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Haltim Terpilih pada Pemilihan Serentak Tahun 2020, di ruang paripurna DPRD Haltim, 18 Februari 2021.

Anjas dan Ubaid ditetapkan sebagai kepala daerah terpilih setelah memperoleh suara sebanyak 24.613 atau 51,4 persen pada Pilkada Haltim 2020.

Anjas mengahabiskan masa kecil di kampung halamannya di Desa Ekor, Kecamatan Wasile Selatan, Halmahera Timur, lahir pada 02 Mei 1973. Ayah dari empat anak ini menghabiskan masa sekolah di kota kelahirannya yaitu di SD Negeri Ekor dan SMP GMIH Ternate. Saat menginjak sekolah menengah atas Anjas pindah ke Kota Palu, Sulawesi Selatan menempuh pendidikan di SMA PGRI Palu dan lulus pada tahun 1992.

Di tahun yang sama saat Ia lulus SMA, Anjas melanjutkan pendidikan Strata 1 Ekonomi di Universitas Khairun Ternate dan lulus di tahun 1997. Disela-sela pendidikannya di Ternate, Anjas terbilang aktif berorganisasi di kampusnya. Pada tahun 1993 Anjas terpilih sebagai ketua umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Ekonomi Unkhair Ternate. Kegemarannya berorganisasi tak cukup disitu saja, di tahun 1995 Anjas dipercaya sebagai Wakil Ketua HMI Cabang Ternate selama satu tahun.

Pendidikannya di perguruan tinggi tak berhenti disitu saja, 12 tahun kemudian pada tahun 2009 Anjas melanjutkan pendidikan di Institute Pertanian Bogor (IPB), dengan gelar Magister Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan yang lulus di tahun 2011.

Selain aktif berorganisasi di lingkungan kampus, Suami dari Ema H Hanafi ini juga aktif berorganisasi di dunia politik. Ia pernah menjabat sebagai sekretaris di DPD II Partai Golkar Haltim dari tahun 2004 hingga 2013. Selain itu Anjas juga pernah tergabung dalam Badan Penanganan Pemilu (BAPPILU) DPD I Partai Golkar Provinsi Maluku Utara. Organisasi terakhir yang Ia ikuti di tahun 2020 yaitu Anjas menjabat sebagai Ketua di DPD II Partai Golkar.

Keaktifannya di organisasi menjadi bekal Anjas untuk bekarir di dunia politik. Pada tahun 2004 Anjas terpilih sebagai Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Halmahera Timur selama 5 tahun. Setelah masa jabatannya berakhir Anjas menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Haltim dari tahun 2009 hingga 2014. Dan pada akhirnya di tahun 2014 hingga 2019 Ia bergabung sebagai anggota di DPRD Provinsi Maluku Utara.

Pada Pilkada 2020 kemarin, lelaki 47 tahun ini maju sebagai calon wakil bupati Haltim bersama dengan Muh Din Ma’bud sebagai bupatinya. Namun takdir berkata lain, Muh Din dikabarkan meninggal dunia usai mendaftar ke KPU. Akhirnya setelah hasil dari kesepakan antara Koalisi Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Demokrat, serta Partai Nasdem, Ubaid Yakub dipilih untuk menggantikan Muh Din.

Kini Anjas Taher sudah menjabat sebagai Wakl bupati Halmahera Timur. Usai dilantik, Ia bersama dengan bupati akan menjalankan program kerja 100 hari pertama dengan berfokus pada tiga kegiatan, sesuai dengan Visi-Misi menuju Halmahera Timur Maju dan Sejahtera. Kegiatan tersebut diantaranya yaitu rasionalisasi rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), melaksanakan assessment Sekda, dan fokus pada penanganan dan pencegahan Covid-19.(Dwi)

Related posts