PTMT Kutim Akan Terapkan RPP Darurat Covid-19

Seiring dengan berlangsungnya Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di dua kecamatan di Kutai Timur, Kalimantan Timur, Senin (20/09/21), banyak hal yang diperhatikan, termasuk persiapan para guru.

Dua kecamatan yang melangsungkan PTMT tersebut yaitu Kecamatan Muara Ancalong dan Karangan. Kepala Bidang SMP Kutai Timur, Muhammad Ilham mengatakan untuk Kecamatan yang belum melakukan PTMT saat ini masih dalam persiapan dan penyesuaian proses pembelajaran.

Ilham mengatakan hal yang disiapkan saat pembelajaran tatap muka yaitu RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) PTMT dengan kurikulum darurat Covid-19, yang rencananya dibuat setelah pelaksanaan PTS (Penilaian Tengah Semester).

Sebelumnya RPP para guru saat pembelajaran online yaitu RPP daring yang mana evaluasinya juga dilakukan secara daring.

“Rencananya setelah PTS ini baru dibuat RPP dengan kurikulum darurat Covid-19, jadi yang dipakai bukan kurikulum yang normal, sehingga ini perlu dilakukan penyesuaian dulu,” katanya.

Selain itu, Ilham menuturkan guru juga harus menyiapkan perangkat pembelajaran dari yang sebelumnya daring beralih ke tatap muka.

“Gurunya harus menyiapkan perangkat pembelajaran, nanti ketika PTMT dia (guru) akan membuat perangkat pembelajaran apa, kan sudah bukan perangkat pembelajaran daring lagi, sekarang harus mengarah pada pembelajaran PTMT,” ujarnya.

Ilham juga mengingatkan agar guru memperhatikan jam pelajaran yang harus disesuaikan dengan jam pelajaran di PTMT. Sebab, Ilham memberikan contoh jenjang SMP yang normalnya 40 menit di PTMT ini diubah menjadi 30 menit.

Terkait dengan protokol kesehatan seperti sarana cuci tangan, termogan, masker, dan himbauan spanduk di lingkungan sekolah, Ilham mengaku sudah disiapakan .

“Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat pendidikan baik itu orang tua maupun sekolah, guru, semua perangkat sekolah betul-betul mengawal proses PTMT ini dengan baik, sehingga pembelajaran di masa transisi dan masuk ke masa new normal bisa berjalan dengan baik,” tutupnya. (Dwi.foto.dok.Istimewa)

Related posts