Ragam Kesenian Indonesia Semarakkan FPL 2019 di GBK

GBK,Gpriority-Festival Pesona Lokal (FPL) 2019 merupakan acara yang diadakan Adira Finance untuk memperingati hari ulang tahun Adira ke-29.

Acara yang mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang didukung oleh RCTI, dan Pemerintah Provinsi DKI dimaksudkan untukmempromosikan pariwisata lokal.

“Jakarta merupakan kota terakhir dari 6 kota ( Medan, Bali, Surabaya, Bandung, Makassar, dan Yogyakarta) yang telah terlebih dahulu menyelenggarakan festival pesona lokal. Untuk di Jakarta yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, FPL akan mempromosikan potensi budaya dan kearifan lokal daerah Betawi,” ucap Hafid Hadeli Direktur Utama Adira Finance.

Hafid Fadeli juga mengatakan, FPL 2019 diikuti Lebih dari 5000 peserta yang terdiri dari ekosistem Adira Finance yakni karyawan, mitra bisnis, dan karyawan beserta keluarganya serta masyarakat Jakarta ikut berpartisipasi memeriahkan acara ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah berkolaborasi dan mendukung terselenggaranya acara Festival Pesona Lokal Jakarta 2019.

Acara FPL Jakarta 2019 dimulai tepat pada Pukul 14.00 WIB dengan parade karnaval budaya yang menampilkan atraksi kekayaan budaya Betawi mulai dari baju adat, musik tradisional hingga pertunjukan kesenian khas. Selain parade karnaval budaya juga terdapat beberapa aktivitas lainnya diantaranya lomba tari lokal kontemporer yang diikuti 10 grup dengan 95 peserta, lomba desain motif khas lokal kontemporer dengan 30 peserta, kompetisi ala selebgram lokal yang bisa diikuti oleh seluruh pengunjung, bazaar otomotif, UMKM, stand kuliner, serta terdapat juga permainan lokal dan wahana permainan anak.

Selain berbagai perlombaan yang menarik, pengunjung juga bisa menyaksikan hiburan dari sejumlah artis ibu kota yakni Raisa, Zaskia Gotik, Abdul dan Efek Rumah Kaca, pertunjukan parade kostum dan tarian kolosal nusantara yang dibawakan oleh 220 penari professional, penampilan LED night marching band serta art corner yang menampilkan karya-karya desain motif khas lokal kontemporer dari kota-kota penyelenggara FPL 2019.

Selain itu, acara yang mendapat dukungan juga dari MUFG Bank, Alibaba Cloud, Viro, PT Pitoe Sarana Informatika, PT Astra Honda Motor, Coca Cola Amatil Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Asuransi Sinar Mas, PT Isuzu Astra Motor Indonesia, PT Asuransi Raksa Pratikara, PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia), Comforta, Bank Danamon Indonesia, Telkom, dan Artajasa menyediakan hadiah senilai total ratusan juta rupiah menanti para pemenang lomba di ajang FPL Jakarta 2019. Pemenang Lomba Karnaval Budaya akan mendapatkan: juara 1 Rp. 15.000.000,- , juara 2 Rp. 10.000.000,- , dan juara 3 Rp.5.000.000,-. Pemenang Lomba Tari Kontemporer akan mendapatkan; juara utama uang tunai Rp. 5.000.000, dan juara favorit Rp. 2.000.000,- . Untuk para pemenang Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer masing-masing akan mendapatkan uang tunai sejumlah ; juara 1 uang tunai Rp. 3.000.000,- , juara 2 Rp. 2.000.000,- , juara 3 Rp. 1.000.000,-. Sementara untuk pemenang Lomba Kompetisi ala selebgram akan mendapatkan uang tunai Rp. 2.000.000,- untuk pemenang utama dan Rp. 1.000.000,- untuk pemenang favorit, yang akan diumumkan H+7 di akun Instagram resmi Adira Finance di @adirafinanceid.

Hadirnya acara tersebut membuat lebih dari 10.000 pengunjung memadati Plaza Tenggara Gelora Bung Karno Senayan untuk ikut memeriahkan dan merasakan sensasi pesona lokal FPL Jakarta 2019 yang berlangsung pada Sabtu (16/11).
Nampak hadir dalam acara tersebut Direktur Utama Adira Finance beserta jajaran Direksi Adira Finance, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Direktur Utama Bank Danamon Indonesia Yasushi Itagaki dan Direktur Utama Adira Insurance Julian Noor.

Dalam sambutannya Anies mengatakan, FPL tahun ini lebih meriah dari tahun lalu.

” Kami berharap nantinya semakin yakin bahwa karya Indonesia bukan hanya mempesona di negeri sendiri. Tetapi mempesona juga di negeri orang,” ucap Anies saat membuka acara.

Anies juga mengatakan, “Hari ini kita menjadi saksi atas kemeriahan pada pergelaran Festival Pesona Lokal Jakarta 2019, dimana respon masyarakat terhadap budaya dan kearifan lokal masih sangat antusias. Semoga kegiatan Festival Pesona Lokal memberikan kesan yang baik bagi pengunjung maupun seluruh peserta yang ikut meramaikan, sehingga semakin menumbuhkan rasa cinta akan budaya dan kearifan lokal, serta promosi wisata daerah.”

Anies juga mengucapkan terima kasih kepada Adira yang mau mengembangkan pariwisata dan budaya Indonesia melalui Festival Pesona Lokal.(Hs.Foto:Hs)

Related posts