Seniman Papua Diminta Terlibat dalam PON XX dan Peparnas


Seniman Papua diharapkan dapat terlibat dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas)  XV.

Hal tersebut disampaikan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Yonas Nusi, saat kegiatan “Temu Kangen” di Jayapura, Selasa (31/08/2021).

“Pemerintah dan PB (panitia besar) PON harus melibatkan seniman-seniman Papua dalam menggelar dua event besar ini (PON dan Peparnas). Tapi saya juga mengajak semua pekerja seni di Tanah Papua untuk ikut mempromosikan bagaimana keragaman seni dan budaya di Bumi Cenderawasih,” katanya.


Lebih lanjut Yonas mengatakan, para pelaku seni dan budaya Papua harus mempersiapkan hasil karyanya untuk ditampilkan di momen-momen PON XX. Dengan begitu, keberadaan PON bisa menjadi “pintu masuk” untuk berkarya, sekaligus untuk memajukan kesenian daerah.

Sementara itu, Ketua Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Papua, Metusalem Wopari mengajak para seniman di Tanah Papua untuk menyatukan pikiran demi kemajuan dunia seni budaya daerah.

“Terutama untuk saat ini adalah dengan mendukung pelaksanaan PON melalui hasil karya seninya,” ujarnya.

Diketahui, acara temu kangen diinisiasi oleh DPD Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Papua, yang diikuti seniman ibukota, melalui virtual zoom dan live streaming.

Selain itu kegiatan ini juga menghadirkan pemateri diantaranya Dubes RI untuk New Zealand, Tantowi Yahya dengan materi Karya Seni Budaya Papua di mata dunia serta Ketua Harian PB PON Yunus Wonda. (Dwi.foto.dok. Humas Papua)

Related posts