Sigap Tangani Tantrum Anak Saat Berpergian

Pernahkah merasa pusing karena anak Tantrum di perjalanan? Merasa malu jadi pusat perhatian? Ditambah kesal karena sikap anak yang menjengkelkan? Begitulah tantangan menjadi orang tua. Ada saja rintangannya di setiap perjalanan. Sampai bingung lakukan apa untuk si Anak. Eeeiitts, Don’t Worry !! Jadi Orang tua memang harus sigap, termasuk hadapi tantrum anak saat berpergian. Jangan sampai liburan malah berantakan. Kalau gitu, catat beberapa hal yang harus dilakukan dalam penanganan tantrum anak saat berpergiaan!

Tetap Tenang
Usahakan Orang tua tetap dalam keadaan tenang. Jangan terbawa emosi, apalagi sampai memukul anak di depan umum. Atur napas dengan baik, tak usah cemaskan tatapan orang sekitar. Mereka hanya penasaran pada sumber suara, misal karena jeritan anak yang melengking. Intinya segala hal akan terasa ringan bila dihadapi dengan kepala dingin.

Bawa Anak ke Tempat yang Sepi dari Keramaian
Langkah selanjutnya, bawa anak jauhi kerumunan. Hal ini bertujuan agar orang lain tidak merasa terganggu. Selain itu, orang tua akan leluasa menasihati anak tanpa khawatir menjadi pusat perhatian.

Beri Pelukan sambil Bertanya “Ada Apa?”
Jika tantrum masih berlanjut dan malah makin menjadi, beri pelukan padanya. Di awal pelukan, pasti anak akan menolak dan berontak. Jangan goyah dan terus peluk sampai akhirnya anak lelah melawan. Situasi seperti ini juga bagus untuk menjalin ikatan batin antara orang tua dan anak. Jika sudah tenang, segera hapus air mata dan elus kepala Anak. Tanyakan alasan di balik tangisan.

Beri Kesempatan Anak dalam Menyampaikan Keinginan
Kemudian, beri waktu pada anak untuk sampaikan perasaan. Jangan biasakan selalu turuti keinginan anak yang menangis. Itu akan membangun kebiasaan buruk. Anak menganggap, menangis di depan umum adalah cara mewujudkan keinginan. Hal ini akan terulang di kemudian hari.

Buat Kesepakatan antara Orang Tua dan Anak
Jika sudah mengetahui apa maunya Anak, buatlah kesepakatan dengannya. Katakan bahwa yang dilakukannya tidak benar. Kesepakatan yang dibuat harus dipatuhi dan dijalani.

Itulah berbagai cara sigap hadapi tantrum anak saat berpergian. Jadilah orangtua yang bijak. Memang berat, namun tidak ada kata terlambat dalam belajar. Anak senang, Orang Tua tenang.(Ega.Foto.Istimewa)

Related posts