Sinopsis Film Pendek ‘Laut Memanggilku’, Ketika Sosok Ibu Didapat dari Boneka Sex Toys

Jakarta, GPriority.co.id – Film pendek ‘Laut Memanggilku’ merupakan salah satu film pendek Indonesia terbaik yang memenangkan penghargaan FFI (Festival Film Indonesia) pada tahun 2021. Selain itu, film ini juga memenangkan penghargaan Busan International Film Festival tahun 2021, dalam kategori ‘Film Pendek Asia Terbaik’ (Sonje Award).

Film pendek ‘Laut Memanggilku’ mengisahkan Sura, seorang anak nelayan yang hidup sebatang kara. Ia hidup tanpa orang tua maupun pendamping, hingga suatu hari ia menemukan sebuah boneka di tepi laut. Sura pun menjadikan boneka tersebut sebagai pengganti orang tua dan teman. Namun, kebersamaan Sura dengan boneka tersebut terancam dengan kehadiran Argo yang ingin merebut boneka dari Sura.

Film pendek karya Tumpal Tampubolon ini dibintangi oleh Muhammad Umar dan Dikky Takiyudin, yang berasal dari Sanggar Anak Harapan. Fakta menariknya, keduanya bukanlah aktor profesional, dan lokasi syutingnya pun hanya di sebuah kampung di pinggir laut Tangerang.

Meski hanya berdurasi 18 menit, namun film pendek ‘Laut Memanggilku’ berhasil menghantarkan pesan mendalam di benak para penontonnya.

Tidak hanya menyoroti persoalan lingkungan, satu hal yang menarik dari film pendek ‘Laut Memanggilku’ yaitu saat boneka sex toys digambarkan memiliki peran seperti seorang ibu yang dirindukan oleh Sura.

Bukan hanya sebagai pemuas nafsu, peran boneka sex toys di film pendek ‘Laut Memanggilku’ untuk Sura adalah menemaninya dalam kesepian. Bahkan Sura sampai mencuri kerudung dan daster dari tetangganya untuk dipakaikan ke sosok ‘ibu’ nya tersebut.

Yang tak kalah mengharukan, adalah adegan saat Sura menggambar tahi lalat dengan sebuah spidol di atas bibir boneka tersebut, yang dimaknai sebagai pengingat akan wajah ibunya yang telah tiada.

Selain itu, film pendek ‘Laut Memanggilku’ juga mendapatkan dana dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, hingga sang sutradara, Tumpal Tampubolon dapat menghadiri Busan International Film Festival secara langsung di Korea Selatan.

Kenapa harus nonton film pendek ‘Laut Memanggilku’?

“Buat kamu yang sering adu mulut sama orang tua, film ini memberi gambaran betapa kosongnya hidup tanpa orang tua. Walaupun mungkin orang tua suka nyebelin, film ini mengingatkan kamu kalau keberadaan orang tua terlalu berharga buat dianggurin begitu aja,” sepeti dikutip dari akun Instagram @bioskoponlineid.

Bagi anda yang penasaran ingin menonton film pendek ‘Laut Memanggilku’, saat ini anda dapat menyaksikannya di platform streaming film ‘Bioskop Online’. Hanya dengan membayar Rp15 ribu dan tanpa biaya langganan, anda bisa menyaksikan film pendek yang penuh makna ini.

Foto : Instagram / @bioskoponlineid