Stok Aman, Jokowi Sebut Jatim Mampu Produksi Beras 5,7 Juta Ton

Jatim,Gpriority- Pandemi Covid-19 tak menurunkan geliat petani dalam menghasilkan beras terbaiknya. Hal tersebut terbukti di tahun 2021 ini Indonesia sama sekali belum melakukan impor beras.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa pada kenyataannya stok beras di Indonesia berada di posisi yang sangat baik.

Kabar baik tersebut Presiden katakan usai melakukan penanaman padi bersama petani di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (30/11/21).

Di Jatim sendiri, Jokowi yakin bahwa Jatim mampu memproduksi sebanyak 5,7 juta ton beras, baik untuk kebutuhan sendiri maupun untuk menyuplai provinsi-provinsi lainnya secara nasional.

Hal tersebut tentunya dipicu oleh sejumlah bendungan yang selesai dibangun dan mulai difungsikan, dan pada akhirnya mengalami peningkatan produktivitas pertanian di tanah air, dan meningkatkan intensitas panen.

Beberapa bendungan tersebut yaitu Bendungan Tugu di Trenggalek, dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro.

“Saya rasa ini adalah sebuah tambahan produktivitas dari petani yang dihasilkan, karena memang banyak sekali bendungan-bendungan yang telah selesai dibangun pada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Terkait kendala-kendala yang dihadapi para petani, Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Pertanian segera menyelesaikan hal tersebut. Salag safunya yaitu berkaitan dengan pupuk, dan alat produksi. (Dw.foto.dok.BPMI Setpres)

Related posts