Sudah Kenal Pola Asuh RIE Parenting?

RIE merupakan kependekan dari Resources of Infant Educares, yang berarti sumber daya pendidik untuk bayi. RIE Perenting adalah salah satu pola asuh anak yang harus Ibu ketahui untuk mendukung tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Metode ini dilakukan dengan cara selalu meminta izin kepada anak sebelum melakukan sesatu.

Menurut penemu gagasan ini, bayi harus diperlakukan sebagai individu yang mampu dan dapat memahami dunia di sekitarnya. Si Kecil dapat belajar dan berkembang jika diberi ruang yang aman dan kebebasan tanpa perlu terlalu banyak arahan yang diterima dari orang dewasa.
Lalu bagaimana cara menerapkannya?
1.Berkomunikasi layaknya dengan orang dewasa
Orangtua harus berkomunikasi dengan bayi seperti ketika berbicara dengan seseorang yang telah mengerti obrolan. Dengan hal ini, orangtua akan mendorong bayi untuk membangun keterampilan komunikasinya.

2.Mengajak bayi untuk berpartisipasi
Ibu dapat mengajak bayi untuk berpartisipasi pada semua kegiatan yang berhubungan dengannya. Misalnya, makan, mengganti popok, mandi, hingga kegiatan sebelum tidur. Hal ini dilakukan agar dapat menguatkan hubungan antara orangtua dan anak.

3Jangan mengganggu waktu bermainnya
Faktanya, ibu harus membiarkan Si Kecil bermain sendiri dengan bebas tanpa gangguan sehingga anak lebih mandiri. Orangtua hanya perlu mengawasi dengan cermat.

4.Membiarkannya bergerak bebas
Dengan membiarkan anak bergerak bebas, keterampilan motorik dan kognitifnya akan meningkat secara alami. Hal yang harus dilakukan oleh orangtua adalah membangun kepercayaan pada anak.

5.Biarkan anak yang mengarahkan ketika bermain
Sekali-kali biarkan anak yang mengarahkan Ibu saat bermain dengan Si Kecil. Dengan begitu, Ibu dapat melihat gambaran minat dari sang anak saat sedang bermain. (VIA)

Related posts