Sudin SDA Jaksel Percepat Normalisasi Saluran Air

Jakarta – Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan mempercepat pengerjaan pengurasan saluran air di Jalan Tebet Raya, Jakarta Selatan untuk mengantisipasi risiko banjir dan genangan saat hujan lebat. Pengurasan sudah mencapai sekitar 60 persen.

Camat Tebet, Dyan Airlangga mengatakan dikurasnya saluran di jalan itu yang dilakukan Satpel Sudin SDA Kecamatan Tebet dilakukan dalam rangka normalisasi karena keberadaan saluran lumpurnya sudah cukup padat di Jalan Tebet Raya, RW 01, Kelurahan Tebet Timur, Tebet, Jakarta Selatan.

“Saat ini cuaca tidak menentu dengan sering hujan. Untuk itu agar saluran dapat banyak menampung air demi mencegah terjadi genangan, maka Satpel SDA kecamatan normalisasi saluran dengan melakukan pengurasan, salah satunya saluran di Jalan Tebet Raya,” ujarnya, Selasa (20/4).

Sudin SDA Kecamatan Tebet, Fachri menuturkan, pengurasan saluran di jalan itu dilakukan sejak tanggal 12 April 2021 dengan dibantu oleh lima Satpel SDA Kecamatan Tebet dengan cara manual agar detail pekerjaan dapat memastikan lumpur dapat terangkat dari saluran yang menyempit tersebut.

Dan ditambahkan Fachri kegiatan rutin seperti ini merupakan bagian dari pelayanan masyarakat, seperti pengurasan saluran yang lebarnya 100 sentimeter dilakukan sepanjang 200 meter dengan kedalaman pengurasan 50 sentimeter karena lumpurnya memang sudah cukup padat hingga saat hujan volume air yang melebihi daya tampung tidak banyak menampung air.

“Hingga saat ini pengurasan sudah mencapai sekitar 60 persen lebih. Dan bila lancar akan dapat terselesaikan akhir April ini. Dan dengan dikurasnya saluran selain dapat menampung lebih banyak air juga mengalir lancar ke hilir, yaitu saluran PHB yang ada di sisi rel KA Stasiun Tebet,” tandasnya.# Tika/GP

Related posts