Tata Cara Pemilu di Uzbekistan

Penulis : Haris | Editor : Lina F | Foto : Dubes Uzbekistan

Jakarta,GPriority.co.id-Dalam siaran pers yang dikirim oleh Dubes Uzbekistan pada Senin (5/6) pada 24 Mei lalu Komisi Pemilihan Umum Pusat Uzbekistan telah mengadakan rapat.

Lebih lanjut dikatakan Layanan Pers KPU Pusat, bahwa agenda rapat tersebut meliputi pembentukan tempat pemungutan suara di wilayah misi diplomatik dan misi lain Negara Uzbekistan di Luar Negeri dan pembentukan kelompok ahli untuk memverifikasi keakuratan daftar tanda tangan yang dikumpulkan oleh partai-partai politik.

Tempat pemungutan suara dibentuk di wilayah misi diplomatik dan kantor-kantor perwakilan Negara Uzbekistan di Luar Negeri sesuai dengan Kode dan Regulasi Pemilu yang disetujui pada Resolusi CEC No. 966 tanggal 22 Oktober 2019 serta berdasarkan permintaan dari Kementerian Luar Negeri.

Berdasarkan persyaratan tersebut, KPU Pusat mengadopsi resolusi untuk pembentukan 56 tempat pemungutan suara di wilayah misi diplomatik dan kantor-kantor perwakilan lain dari Negara Uzbekistan di Luar Negeri, yang ditugaskan kepada Distrik Pemilu No. 14 kota Tashkent.

Rapat ini juga memutuskan dibentuknya kelompok ahli untuk memverifikasi keakuratan daftar tanda tangan yang dikumpulkan oleh partai-partai politik.

Kelompok ahli ini terdiri dari 36 ahli forensik dan tulisan tangan, perwakilan dari institusi pendidikan tinggi, non-pemerintah, organisasi nirlaba, dan perkumpulan warga Mahalla. Perwakilan resmi dari partai politik juga berpartisipasi dalam meninjau daftar tanda tangan tersebut.

KPU Pusat akan memverifikasi keakuratan dari daftar tanda tangan yang dikumpulkan oleh partai politik dalam jangka waktu 4 hari.