Ternyata Ini Lho Ciri-Ciri Anjing yang Hidup Lebih Lama

Jakarta, GPriority.co.id – Anjing merupakan hewan menggemaskan yang dinobatkan menjadi hewan peliharaan paling setia dengan majikannya. Selain menjadi sahabat, banyak juga pecinta anjing yang menganggap peliharaannya sebagai anak, layaknya manusia.

Tapi tahukah anda, bahwa ada ciri-ciri anjing yang hidupnya lebih lama?

Para peneliti di Inggris, menemukan ciri-ciri anjing yang hidup lebih lama dalam sebuah penelitian. Ciri-ciri ini meliputi faktor ukuran badan anjing, bentuk fisik anjing, dan jenis kelamin anjing. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 600.000 anjing Inggris yang mewakili lebih dari 150 ras.

Ditemukan bahwa ras kecil berhidung panjang rata-rata hidup hampir dua setengah tahun lebih lama dibandingkan ras besar berhidung pendek. Penelitian ini diterbitkan dalam dalam jurnal Scientific Reports, yang menyoroti potensi risiko dan membuka ruang lingkup penelitian lebih lanjut guna meningkatkan kesejahteraan anjing.

Penelitian ini dipimpin oleh Dogs Trust, sebuah badan amal kesejahteraan anjing asal Inggris, mengungkapkan bahwa ras besar dan anjing berwajah datar memiliki rata-rata harapan hidup yang lebih pendek dibandingkan anjing ras kecil dan anjing dengan moncong memanjang.

Pada penelitian ini juga didapatkan data bahwa anjing betina rata-rata hidup sedikit lebih lama dibandingkan anjing jantan. Para peneliti ini menyerukan perlunya penelitian tambahan untuk mengungkap alasan di balik perbedaan spesifik ras ini.

Faktor genetik terhadap masalah kesehatan pada ras anjing tertentu juga ditemukan. Namun faktor lain seperti perilaku, gaya hidup, pola makan, dan lingkungan tempat tinggal anjing, juga dapat berkontribusi pada rentang hidup anjing.

Di lain tempat, dilakukan juga penelitian yang mengambil sampel database 584.734 anjing Inggris dari berbagai sumber. Seperti dokter hewan dan perusahaan asuransi hewan.

Penelitian ini mengkategorikan ras menjadi ukuran kecil, sedang, atau besar dan bentuk kepala berwajah datar, proporsional sedang, atau berwajah panjang.

Umur rata-rata semua anjing adalah 12,5 tahun, dengan variasi yang berbeda antar ras. Lancashire heeler, ras penggembala mungil, memiliki umur rata-rata 15,4 tahun, sedangkan anjing gembala Kaukasia yang jauh lebih besar rata-rata hanya 5,4 tahun.

Ras kecil, rata-rata, hidup lebih lama dari ras besar, sesuai dengan penelitian sebelumnya pada anjing dan mamalia lainnya. Ras bermuka datar, yang dikenal sebagai brachycephalic, memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan ras bermuka sedang dan panjang.

Penelitian ini bertentangan dengan beberapa penelitian sebelumnya yang mengungkapkan bahwa sebagai anjing ras rata-rata hidup lebih lama dibandingkan anjing persilangan.

Foto : Freepik/wirestock