Skip to content
Majalah GPriority

Majalah GPriority

Jelajah Nusantara

Primary Menu
  • Nasional
  • Ekonomi
  • Infrastruktur
  • Pariwisata
  • Pendidikan
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • E-Magazine
  • Parlementaria
  • Home
  • Uncategorized
  • Tiga Program Marketing Khusus Untuk Kejar 17 Juta Wisman
  • Uncategorized

Tiga Program Marketing Khusus Untuk Kejar 17 Juta Wisman

redaksi July 27, 2018

 Jakarta,Gpriority-Untuk mengejar target 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2018 ini, Kementerian pariwisata (kemenpar) melakukan tiga program terobosan, yaitu insentif kepada airlines/wholesaler, Hot Deals Visit Wonderful Indonesia, dan CDM (Competing Destination Model).

“Dengan rata-rata jumlah kunjungan wisman sebesar 1,25 juta perbulan menunjukkan bahwa akhir tahun ini akan diperoleh 15 juta wisman, Untuk mendapatkan tambahan 2 juta wisman kita melakukan tiga program terobosan marketing khusus dengan memberikan insentif kepada airlines/wholesaler, Hot Deals Visit Wonderful Indonesia, dan CDM (Competing Destination Model),” kata Menpar Arief Yahya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II-2018 yang mengangkat tema ‘Raih Target 2018: 17 Juta Wisatawan Mancanegara’ di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Kamis pagi (26/07).

Menpar Arief menjelaskan dari tiga program terobosan Kemenpar itu diproyeksikan akan diperoleh tambahan sekitar 1,95 juta wisman hingga akhir tahun ini, sehingga masih dibutuhkan tambahan 50.000 wisman. “Proyeksi tambahan 1,95 juta ini sebagai target realistik yang akan kita capai meski di bawah target optimistis yang kita tetapkan,” kata Menpar Arief.

Menpar Arief memberi contoh untuk program insentif airlines/wholesaler target optimis yang ditetapkan sebesar 1 juta wisman, namun hasil pembicaraan dengan pelaku bisnis ( airlines/wholesaler) sebanyak 750 ribu wisman. “Untuk program insentif target realistisnya sebesar 700 ribu wisman,” kata Menpar Arief.

Sementara untuk target program Hot Deals Visit Wonderful Indonesia ditetapkan sebesar 2,5 juta wisman, terdiri dari Paket Hot Deals Great Kepri 500 ribu wisman; Paket Hot Deals Great Jakarta 1 juta wisman; Paket Hot Deals Great Bali 1 juta wisman. Dengan angka target realistis sebesar 750 ribu dan target program CDM 1 juta diproyeksikan akan diperoleh angka real sebesar 500.000 wisman.

Menpar Arief menjelaskan pada Rakornas kali ini Kemenpar fokus membahas masalah akses pariwisata khususnya Terminal Low Cost Carrier (LCCT). Terminal LCC (LCCT) paling tepat karena pertumbuhan trafiknya di atas 20% dan sejalan dengan target pertumbuhan pariwisata 21%, sedangkan kalau mengandalkan Terminal Full Service Carrier (FSCT) pertumbuhannya di bawah 5% sehingga sulit diandalkan untuk mencapai target pariwisata,” kata Menpar Arief.

Seperti diketahui, program kerjasama promosi dengan airlines dan wholesaler sangat strategis dalam mendatangkan wisman karena 75% wisman yang datang ke Indonesia melalui konektivitas udara (airlines) baik regular maupun chartered flight. Selain itu pola pembelian paket wisata ke Indonesia dilakukan melalui wholesaler dan retailers, bahkan pada pasar tertentu pembelian paket wisata melalui wholesaler sangat dominan.  Promosi terpadu dilaksanakan bersama dalam bentuk sales mission, trade show, festival, fam trip, publikasi dan pemberian insentif.

program Hot Deals, yakni program untuk mengoptimalkan kapasitas yang tidak terpakai atau idle capacity, diutamakan pada tiga pintu masuk utama yaitu Great Bali (40%), Great Jakarta (30%) dan Great Kepri (20%). Ketika idle capacity pada faktor 3A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas) digabungkan dan dimanfaatkan dalam sebuah platform akan tersedia layanan turisme yang mudah dan murah, atau disebut more for less tourism. Karena itu, program Hot Deals menjadi hal yang atraktif dan kompetitif dalam meningkatkan kunjungan wisman. Paket Hot Deals diproyeksikan akan dapat menambah 2,5 juta wisman pada 2018.

Sedangkan Competing Destination Model (CDM) adalah metode yang dilakukan penyedia platform data driven marketing dalam mengarahkan calon wisman yang sudah memiliki tujuan wisata ke destinasi tertentu. Dengan CDM memungkinkan mengambil data travellers dari berbagai sumber online; profiling dan segmentasi data travellers; lalu menargetkan travellers tersebut dengan kampanye iklan yang customised dan targeted.

Rangkaian kegiatan Rakornas Pariwisata II-2018 yang diikuti sekitar 250 perserta dari kalangan akademisi, pelaku usaha, pemerintah, komunitas dan media (Pentahelix) antara lain diisi dengan diskusi/workshop terbagi dalam sesi; insentif aksesibilitas; hot deals; dan CDM dengan menghadirkan nara sumber dari kalangan pelaku bisnis dan professional. Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan 11 Letter of Intent (LoI), 8 Memorandum of Understanding (MoU), dan 2 Memorandum of Implementation Arrangement (MoIA) dengan mitra kerja dari kalangan airlines dan wholesalers. (Hs)

Continue Reading

Previous: Chief Barber Voyage 2018 Menjelajah 3.168 KM dan 20 Kota
Next: “Best Bank in Asia” diraih Citi

Berita Terkait

Bersama Bulog, Presiden Serahkan Batuan Beras di Karawang
  • Uncategorized

Bersama Bulog, Presiden Serahkan Batuan Beras di Karawang

September 14, 2023
Diresmikan RS. La Mappapenning Berteknologi Pneumatic Tube
  • Daerah

Diresmikan RS. La Mappapenning Berteknologi Pneumatic Tube

August 24, 2023
5 Oleh-Oleh Kota Batu yang Bikin Kalap
  • Uncategorized

5 Oleh-Oleh Kota Batu yang Bikin Kalap

July 6, 2023

Trending News

Transformasi Digital Harus Ciptakan Keadilan Bagi UMKM 1

Transformasi Digital Harus Ciptakan Keadilan Bagi UMKM

September 22, 2023
Menteri ESDM Saksikan Penandatanganan Kontrak Senilai USD22.200.000 2

Menteri ESDM Saksikan Penandatanganan Kontrak Senilai USD22.200.000

September 22, 2023
Pembangunan Kantor Fisik IKN Capai 38 Persen 3

Pembangunan Kantor Fisik IKN Capai 38 Persen

September 22, 2023
Kolaborasi Chef Handal dalam Botany Tasteful Table 4

Kolaborasi Chef Handal dalam Botany Tasteful Table

September 22, 2023
Sumber Daya Air Menjadi Hal yang Langka 5

Sumber Daya Air Menjadi Hal yang Langka

September 22, 2023
Biar Nggak Ngemil Tengah Malam Sembarangan, Lakukan Hal Ini! 6

Biar Nggak Ngemil Tengah Malam Sembarangan, Lakukan Hal Ini!

September 22, 2023
Tamarin Hotel Jakarta Gelar Aerobic Bersama BNPP 7

Tamarin Hotel Jakarta Gelar Aerobic Bersama BNPP

September 22, 2023

Berita Terkini

Transformasi Digital Harus Ciptakan Keadilan Bagi UMKM
  • Nasional

Transformasi Digital Harus Ciptakan Keadilan Bagi UMKM

September 22, 2023
Menteri ESDM Saksikan Penandatanganan Kontrak Senilai USD22.200.000
  • Nasional

Menteri ESDM Saksikan Penandatanganan Kontrak Senilai USD22.200.000

September 22, 2023
Bukan Pemain Handal, Jarred Vanderbilt Punya Potensi di Lakers
  • Sport

Bukan Pemain Handal, Jarred Vanderbilt Punya Potensi di Lakers

September 22, 2023
Pembangunan Kantor Fisik IKN Capai 38 Persen
  • Nasional

Pembangunan Kantor Fisik IKN Capai 38 Persen

September 22, 2023
  • Redaksi
  • Pedoman Pemberitaan Media Siber
  • Tentang Kami
  • Terverifikasi Administrasi dan Faktual Dewan Pers
  • Recruitment
  • Facebook
  • Instagram
  • Youtube
Copyright © All rights reserved. | GPriority - 2023