Bus Wonderful Asian Games Resmi diluncurkan

Jakarta,Gpriority-Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang merupakan momentum yang tepat untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Penyelenggaraan Asian Games akan memberikan dampak yang cukup tinggi baik berupa economic value atau direct impact dari penonton, wisatawan mancanegara yang datang maupun media value.

“ Media value dari event sport tourism besarnya dua kali lipat dari direct impact. Untuk Asian Games 2018 yang diproyeksikan memberikan  direct impact sebesar 170.000 wisman dengan potensi devisa Rp 3 triliun, media value-nya diproyeksikan lebih besar dari direct impact- nya” kata Menpar Arief Yahya dalam peluncuran bus Wonderful Indonesia pada kamis (26/7) di Monas, Jakarta Pusat.

“ Indirect impact untuk Asian Games 2018 yaitu melalui media value dengan estimasi jumlah penonton TV (non-streaming) sebanyak 300 juta audiens,  dengan standar biaya media $ 25 per thousand viewers menghasilkan impact sekitar Rp 105 Triliun,” tambah Arief.

Arief juga mengatakan, Asian Games yang juga merupakan event sport tourism menjadi ajang spektakuler untuk melakukan branding, sehingga pada momen tersebut bisa digunakan untuk branding Wonderful Indonesia salah satunya dengan melakukan wrapping bus yang melayani jalur utama di Jakarta dan Bandara Soekarno-Hatta yang rencananya berjumlah 100 bus, terdiri dari 64 bus Trans Jakarta,  20 Damri Airport Bus, dan 16 shuttle bus Blue Bird.

“ Branding Wonderful Indonesia dengan bus wrapping ini telah kita lakukan pada momentum World Cup 2018 Rusia dan Piala Eropa 2016 di Perancis. Selain itu sudah banyak kita lakukan di negara lain, misalnya pada bursa pariwisata dunia di ITB Berlin (Jerman), WTM London, dan kini pada momentum Asian Games 2018,” jelas Menpar Arief.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengapresiasi peluncuran Branding Wonderful Indonesia untuk mepromosikan destinasi pariwisata Indonesia ke seluruh dunia melalui momen Asian Games 2018. Sandiaga Uno menyampaikan bahwa branding Wonderful Indonesia pada bus bukan hanya sekedar logo tapi juga komitmen untuk menyukseskan Asian Games 2018. “Branding bukan cuma logo, juga bukan hanya design grafis yang melambangkan Indonesia. Tapi ini juga sebagai komitmen kita sebagai tuan rumah untuk menyukseskan Asian Games 2018. Saya menawarkan pada Bapak Menteri Arief Yahya untuk melakukan branding Wonderful Indonesia juga di MRT yang dalam waktu dekat ini akan diresmikan,” kata Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno juga mengatakan penyelenggaraan event Asian Games 2018 memberikan dampak ekonomi langsung pada Jakarta di antaranya akan menciptakan 10 ribu lapangan kerja. “Kita harapkan direct impact juga lebih besar dengan datangnya para atlet, official, dan penonton mancanegara,” tutur Sandiaga Uno.

Acara peluncuran bus tersebut sebagai salah satu upaya nyata co-branding yang dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan menggandeng 3 penyedia transportasi bus yaitu Trans Jakarta, PT. DAMRI, dan Blue Bird Group untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia pada bus wrapping dengan mengambil momentum Asian Games 2018.

Saat ini Kemenpar telah melakukan co-branding Wonderful Indonesia dengan 119 brands yang meliputi corporate dan artis entrepreneur.(Hs)

Related posts