Tim Pembentukkan Provinsi Papua Selatan Ajukan Kajian Akademis

Merauke,Gpriority- Papua Selatan yang hingga saat ini terus diusahakan menjadi provinsi baru di Indonesia berada di tahap penyerahan dokumen naskah dan kajian akademis.

Dokumen tersebut diserahkan oleh Tim PPS (Provinsi Papua Selatan) yang terdiri dari Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel dipimpin Ketua Tim Pemekaran PPS, Thomas Eppe Safanpo, Rabu (24/11/21).

Kajian akademis tersebut membahas tentang ibu kota provinsi dan syarat teknis administratif kepada Pemerintah Provinsi Papua yang diterima oleh Sekda Papua, lalu diserahkan juga ke Ketua DPR Provinsi dan Majelis Rakyat Papua (MRP).

“Sambutannya cukup baik dan mereka akan memproses sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing lembaga,” ujar Sekertaris Pembentukan Provinsi Papua Selatan, Albert Rapami di Merauke, Senin (29/11/21).

Lebih lanjut, dokumen tersebut akan diserahkan kepada pemerintah pusat yakni ke Kemendagri, Kemenko Polhukam, Ketua DPRI RI, Ketua Komisi II DPR RI, dan Ketua DPD RI, pada pertengan bulan Desember nanti.

“Sesuai arahan Ketua Tim, juga akan diserahkan ke Presiden atau ke Kantor Sekretariat Kepresidenan,”ujarnya.

Ia juga menuturkan bahwa seluruh dokumen yang disyaratkan sudah terpenui sesui dengan UU nomor 2 dan PP nomor 78 sudah lengkap terpenuhi. Albert berharap dokumen tersebut dapat diproses dengan cepat dan masuk dalam program legislasi nasional, sehingga pembahasannya dapat dilakukan di tahun 2022. (Dw.foto.dok.Humas Merauke)

Related posts