Tim Verifikasi Nasional Apresiasi Lokus Kota Sehat Kecamatan Ujung

GPRIORITY.CO.ID, Parepare- Kecamatan Ujung Kota Parepare menjadi lokasi fokus (Lokus) untuk beberapa tatanan indikator penilaian penyelenggaraan Kota Sehat Parepare.

Di antaranya inovasi Jetstar milik Pemerintah Kecamatan Ujung, Sekretariat Forum Kota Sehat di Kecamatan Ujung, Bank Sampah Peduli Kelurahan Labukkang, Bola Ewako Kelurahan Mallusetasi, dan Kelurahan Tangguh Bencana (KATANA) di Kelurahan Lapadde.

Tim Verifikasi Nasional Penyelenggaraan Kota Sehat, Nevy Rinda Nugraini (ketua), dr Carolina Rusdi Aqib, dan Rahmat Wibisono yang turun tiga hari di Parepare, Rabu-Jumat, 29 September-1 Oktober 2021, mengapresiasi Lokus tatanan Kota Sehat di Kecamatan Ujung.

Inovasi Jetstar atau Jemput Sampah Tanpa Ragu, dinilai Nevy sudah sangat baik untuk indikator permukiman sarana dan prasarana umum sehat. Kemudian Kelurahan Tangguh Bencana Lapadde juga dinilai memenuhi indikator kehidupan sosial sehat.

Bank Sampah Peduli di Kelurahan Labukkang yang masuk dalam indikator permukiman sarana dan prasarana umum sehat, juga dinilai baik dan ekonomis bagi masyarakat.

“Yang untuk indikator Covid-19 (Bola Ewako Kelurahan Mallusetasi) itu sudah baik, untuk menjaga wilayah aman dari penularan Covid-19,” kata Nevy.

Yang juga dipuji tim verifikasi inovasi dari Puspaga Peduli Ta (Pusat Pembelajaran Keluarga dan Layanan Konseling Keluarga Terintegrasi) yang menghadirkan produk cenderamata kreatif di Gerai Dekranasda, Balai Ainun Habibie, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung. Puspaga Peduli Ta masuk dalam indikator kehidupan sosial sehat.

Bahkan anggota tim verifikasi dr Carolina Rusdi Aqib menginisiasi melakukan aksi borong belanja produk sovenir kerang-kerangan dan ikonik BJ Habibie.

Camat Ujung Ardiansyah Arifuddin mengaku tim verifikasi puas selama melakukan penilaian Lokus di Kecamatan Ujung. “Ada beberapa Lokus di Kecamatan Ujung, dan Alhamdulillah, tim verifikasi tampaknya puas, bahkan mengapresiasi,” ungkap Ardiansyah. (AE)

Related posts