Aspal Tembus Perbatasan Papua

Papua,Gpriority-Perhatian pemerintah pusat kepada seluruh daerah di Indonesia bukanlah sekedar isapan jempol belaka. Buktinya hingga saat ini Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR terus membangun seluruh daerah termasuk Papua.

Di Papua, salah satu pembangunan yang hingga saat ini masih dilakukan adalah pembangunan Jalan Trans-Papua dengan total panjang 3.462 kilometer. Pembangunan jalan ini diharapkan dapat membuka keterisolasian wilayah, meningkatkan akses serta konektivitas, meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua, menekan angka kemiskinan, mengurangi indeks kemahalan, dan mendukung pemerataan pembangunan infrastruktur.

Lantas sudah sejauh manakah perkembangan pembangunan jalan Trans-Papua? Dilansir dari medsos PUPR pada Selasa (5/10/2021), hingga pertengahan tahun 2021, jalan yang telah tembus mencapai 3.446 kilometer, dengan kondisi teraspal sepanjang 1.733 kilometer dan belum teraspal 1.712 kilometer. Sedangkan yang belum tembus sepanjang 16 kilometer.

Selain itu Kementerian PUPR tengah membangun Jalan Perbatasan di Papua dengan total panjang 1.098 kilometer, di mana telah tembus 931 kilometer dengan kondisi teraspal sepanjang 756 kilometer.

PUPR berharap jalan ini bisa selesai sesuai target sehingga bisa dipergunakan oleh masyarakat Papua dan Papua Barat.(Hs.Foto.Humas PUPR)

Related posts