Tips Memilih Pohon Natal yang Asli


Hari Raya Natal bagi umat Kristiani tinggal beberapa minggu lagi. Natal selalu identik dengan berbagai pernak-pernik seperti sinterklas, lampu hiasan, apalagi pohon natal.

Kebiasaan memajang pohon natal berupa cemara sudah ada dari ribuan tahun lalu sebelum agama Kristen hadir. Pohon natal juga adalah simbol harapan yang selalu dipajang untuk menyambut kelahiran Yesus. Bagi bangsa Romawi pohon cemaran memiliki makna kehidupan yang abadi dengan Sang Pencipta.

Biasanya bagi mereka yang merayakan ada yang menggunakan pohon natal asli ada juga yang menggunakan pohon sintesis. Bagi kalian yang ingin merayakan natal dengan menggunakan pohon natal yang asli berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan.

1. Pilih potongan pohon cemara atau pinus yang daunnya masih segar tidak kecoklatan, tidak mudah rontok dan patah. Caranya mengeceknya, cukup usapkan tangan pada cabang yang diinginkan.

2. Perhatikan waktu penebangan pohon agar aroma dan tampilannya tetap maksimal saat dipajang di rumah. Jika sudah ditebang berbulan-bulan lalu, kualitas dan ketahanannya tidak akan lama.

3. Setelah memotong atau membeli pohon natal asli, potong batang bagian bawah dengan gergaji sepanjang 2,5 hingga 5 cm, kemudian langsung celupkan batangnya ke dalam sebuah ember berisikan air dengan campuran soda atau air lemon agar lebih awet. Biarkan pohon setidaknya 8 jam sebelum dipasang dan dihias dengan pernak-pernik natal.

4. Dirikan pohon dengan membeli dudukan yang memiliki sekrup khusus yang ditancapkan ke pohon tersebut. Atau bisa memanfaatkan pot yang diisi dengan batu-batu untuk menahannya agar berdiri dengan baik.

5. Pasang pohon natal asli dekat dengan aliran listrik untuk memudahkan kita saat memasang ornamen natal yang memerlukan listik, sepeti lampu hias, dan lain-lain.

6. Jauhkan binatang peliharaan dari pohon natal asli yang sudah dipasang. Pohon asli mengeluarkan bau khas yang alami sehingga bisa mengundang mereka buang air atau bahkan merusak pohon yang sudah dihias dengan susah payah bersama keluarga. (Dw.foto.dok.Istimewa)

Related posts