Waspada! Ini Tanda-tanda Korsleting Listrik di Rumah

Salah satu penyebab kebakaran yang sering terjadi di berbagai tempat yaitu korsleting atau hubungan pendek arus listrik.

Korsleting merupakan suatu hubungan dengan tahanan listrik yang sangat kecil, mengakibatkan aliran listrik yang sangat besar dan bila tidak ditangani dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran.

Maka dari itu, kita harus waspada dan mengetahui tanda-tanda korsleting listrik di rumah untuk menghindari kemungkinan tersebut.

Ada beberapa tanda-tanda yang biasanya terjadi yaitu adanya sesuatu yang tak biasa, diantaranya:

1. Lampu rumah yang tidak bisa menyala atau lampu mendadak redup dan nyala-mati berkali-kali.

2. Kemudian adanya bau kabel terbakar, proses terbakarnya kabel biasanya berawal dari pembungkus tembaga yang tak kuat menahan suhu panas bermuatan daya listrik tinggi.

3. Kabel listrik yang longgar dan tidak terpasang seperti biasanya. Memungkinkan adanya aliran listrik dan netral bersentuhan.

4. Stop kontak panas karena banyaknya peralatan listrik yang menghasilkan panas selama pengoperasian.


Adapun langkah pertama apabila terjadi korsleting listrik yaitu segera cabut seluruh kabel listrik yang masih terhubung di stop kontak atau sirkuit terkait agar aliran listrik terhenti dan korsleting tidak terjadi semakin parah.

Tekan tombol off pada lampu dan aliran listrik lainnya. Karena sifatnya yang mengalir dan cepat menyebar, maka ketika terjadi korsleting listrik diharuskan untuk segera mematikan aliran listrik termasuk stop kontak pada lampu. Setelah itu hubungi petugas listrik yang ahli seperti PLN. (Dw.foto.dok.istimewa)

Related posts