Pemerintah Kota Tidore Berkeinginan FABA Dijadikan Bahan Campur Bangunan

Tidore,gpriority- Maluku Utara, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim sangat berkeinginan untuk pemanfaatan fly ash and bottom ash (FABA) yang merupakan limbah dari pembangkit listrik tenaga uap atau sisa pembakaran batu bara di PLTU Tidore agar dapat digunakan sebagai bahan campuran pembangunan jalan.

Hal itu ingin dilakukan lantaran terdapat sejumlah jalan di Kota Tidore Kepulauan mulai rusak parah seperti di wilayah Oba Selatan.

Kata Wali Kota Tidore, Capt. Ali Ibrahim, mengingat jalan di Oba Selatan sering rusak akibat hujan, sehingga saya ingin FABA ini bisa digunakan sebagai campuran untuk pembangunan jalan.

“Untuk dilakukan uji coba pembangunan jalan di wilayah Oba Selatan dengan menggunakan FABA sepanjang 100 meter terlebih dahulu,” Jumat (10/12/2021)

Dirinya, menambahkan, dilakukan uji coba dulu sepanjang 100 meter, karena FABA ini kena air hujan semakin keras, hal itu disampaikan pada saat acara penyerahan bantuan pemanfaatan FABA PLTU Tidore untuk pembuatan Batako dan Paving Block.

Sementara, Hastony Indra Pranata, pejabat pelaksana lingkungan PLN UPK Maluku mengatakan akan menindaklanjuti apa yang menjadi keinginan Wali Kota Tidore kepulauan, hanya saja dalam uji coba penggunaan FABA tersebut harus ada kerjasama antara pihak PLTU dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

“Bisa dilakukan uji coba pemanfaatan di jalan Oba Selatan, tapi harus ada kerjaan dari pemerintah kota, nanti kita tinjau dulu lokasinya,” kata Hastony.

Hastony, juga menambahkan terkait dengan penggunaan FABA atau sisa pembakaran batu bara itu sudah dilakukan uji coba di laboratorium Universitas Khairun Ternate, dan dinyatakan layak digunakan untuk pembangunan pagar maupun dinding rumah.

“Kami sudah uji coba di laboratorium Universitas Khairun Ternate, dan bisa digunakan sebagai bahan bangunan seperti dinding rumah maupun pagar,” ucapnya.

Perlu diketahui, FABA atau sisa pembakaran batu bara sendiri masuk dalam kategori limba non-B3 atau tidak berancun, kebutuhan batu bara di PLTU Tidore dengan daya terpasang 2 X 7 MW sebanyak 390 ton per hari atau 99.587 ton per tahun.(RB)

Related posts