Tips Menghilangkan Jamur Pada Dinding

Dinding merupakah salah satu dari sudut rumah yang penting untuk diperhatikan. Jika tidak, hal-hal yang tak diinginkan dapat terjadi seperti timbulnya jamur dan berlumut.

Jamur pada dinding disebabkan oleh spora yang menyebar melalui udara, biasanya jamur tumbuh dilingkungan yang lembab, hangat, dan rumah yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu tumbuhnya jamur bisa disebabkan oleh rembesan air, baik air tanah, air hujan, dan bocoran pipa AC yang tidak dipasang dengan benar. Lumut juga tak selalu berwarna hijau. Pada dinding, lumut bisa berwarna abu-abu gelap atau bahkan hitam.

Hal tersebut tentu saja akan sangat mengganggu, selain merusak estetika rumah, jamur di dinding juga dapat menggagu kesehatan manusia. Bau pada jamur yang menyengat dan terhirup dapat menimbulkan masalah yang serius bagi kesehatan.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan dinding berjamur. Namun sebelum menyiapkan bahan, ada baiknya siapkan dulu pelindung diri sebelum membasmi jamur, seperti sarung tangan karet, pakaian lengan panjang, serta masker mulut dan hidung. Jangan lupa untuk membuka jendela selama mengerjakan tugas ini.

1. Karbol dan Air

Untuk cara pengerjaannya sebagai berikut:

a. Buat larutan dari campuran karbol dan air dengan perbandingan 1 : 3. 1 bagian karbol dan 3 bagian air. Jika karbol tidak tersedia, bisa memakai detergen yang mengandung bahan aktif pencerah kain.
b. Semprotkan atau percikkan larutan tersebut pada area yang berjamur, semprotkan dari jarak yang agak jauh agar percikan larutan lebih melebar dan merata.
c. Gosok bagian yang berjamur memakai sikat berbulu agak kaku atau kain berserat agak kasar.
d. Bilas secara tuntas lalu keringkan dengan kain kering atau kanebo.

2. Cuka dan Air

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Siapkan cairan cuka dan juga air.
b. Untuk tarakarannya, jika jamur dinding banyak maka perbandingannya 1 : 1, jika jamurnya ada sedikit maka perbandingan air dan cuka 5 : 1.
c. Masukan kedua bahan tersebut kedalam botol semprotan, kemudia kocok agar air dan cuka tercampur merata.
d. Semprotkan dinding dengan cuka, dan diamkan selama satu jam.
e. Setelah itu siapkan kain bersih yang sudah dibasahkan, lalu gosok bagian jamur, selain dengan kin bisa juga menggunakan sikat dengan bulu kasar.
f. Gosok kembali dengan kain kering atau kanebo. (dwi)

Related posts