Insomnia Dapat Diatasi dengan Cara Ini

Insomnia adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan tidur pada malam hari, meski memiliki kesempatan dan waktu yang cukup untuk istirahat. Padalah tdur merupakan kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi.

Secara umum, orang dewasa membutuhkan tidur malam setidaknya 7–8 jam dalam satu hari, namun penderita insomnia akan merasakan kesulitan untuk tidur bahkan dalam kondisi lelah sekalipun.

Jika kejadian sulit tidur terjadi sesekali bukanlah kondisi yang berbahaya, namun jika situasi tersebut sering terjadi dan berlangsung lama, hal tersebut perlu diwaspadai. Ada beragam faktor yang memicu insomnia seperti kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein atau alkohol sebelum tidur, hingga masalah psikologis, seperti stres, depresi, dan gangguan cemas. Kondisi medis tertentu juga dapat membuat insomnia seperti nyeri sendi, dan efek samping obat-obatan.

Agar mendapatkan kualitas tidur yang baik, berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi insomnia.

1. Konsumsi Makanan Sehat

Menjelang tidur, hindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks. Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut dapat memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga tubuh menjadi sulit beristirahat. Selain itu hindari juga minum kafein, alcohol, dan rokok sebelum tidur. Jika ingin mengonsumsi camilan di malam hari, pilihlah makanan ringan yang sehat, seperti cracker tawar atau yoghurt.

2. Olahraga

Semua orang tahu olahraga secara rutin bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, dengan olahrga juga menurunkna berat badan, menghilangkan stress, dan juga menjuga membuat tidur lebih berkualitas. Pilihlah olahraga yang ringan seperti yoga, jogging, atau berenang.

3. Relaksasi

Relaksasi bisa dilakukan dengan yoga atau pilates sebelum tidur. Keduanya mampu memberikan rasa nyaman dan tenang, sehingga bisa lebih mudah mendapatkan tidur nyenyak. Relaksasi juga bisa dilakukan dengan mandi air hangat, mendengarkan musik, atau aktivitas lainnya yang disukai.

4. Kamar yang Nyaman

Insomnia juga bisa timbul karena kondisi kamar yang membosankan dan membuat kita tidak nyaman. Jika sulit tidur sering terjadi, maka tak ada salahnya untuk mengubah posisi tempat tidur, mendekor ulang kamar sesuai dengan keinginan, atau mengganti lampu tidur yang lebih redup. Selain itu kita jugadapat mengatur suhu dan menyesuaikan pencahayaan agar kamar terasa nyaman untuk tidur.

5. Konsumsi Obat Tidur Sesuai Resep Dokter

Jika insomnia tak kunjung sembuh, dan menggangu aktivitas sehari-hari, maka disarankan pergi ke dokter untuk mendapatkan resep obat yang tepat. Berhati-hatilah dalam menggunakan obat tidur, meski dapat membuat terlelap, pemakaian obat tidur dapat mendatangkan risiko dan efek samping, seperti kecanduan, sulit konsentrasi, pusing dan sakit kepala, hingga perubahan mood. (dwi)

Related posts