Trik Belajar Membaca Untuk Si Kecil

Memiliki peran sebagai orangtua sekaligus guru pertamanya, tentu Ibu berkewajiban mendidik seorang anak hingga tumbuh cerdas dan pintar. Namun sayangnya, terkadang hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan. Jangan khawatir, berikut trik belajar membaca untuk Si Kecil:

1.Mengenalkan huruf dengan cara menyenangkan
Jika anak belum sama sekali mengenal huruf atau kurang menguasai, tahap pertama untuk mengajari anak adalah mengenalkan huruf A sampai Z. Buatlah Si Kecil hafal dan menyebutkan huruf itu dengan baik.

2.Ajarkan anak menghafal suku kata
Biarkan anak menghafal suku kata dari konsonan B hingga Z, yang diikuti huruf vokal a, i, u, e, o. Contoh: ba, bi, bu, be bo sampai za, zi, zu, ze, zo. Biarkan ia hafal dan terbiasa dengan suku kata tersebut.

3.Mengajak anak membaca suku kata bervariasi
Misalnya seperti bo-la, bu-ku, pa-pi, ma-mi, cu-ka, dan lain sebagainya. Pada tahap ini jangan dulu mengenalkan anak dengan suku kata berakhiran huruf mati.

4.Mengajari anak huruf mati
Mengajari anak huruf mati bisa dengan mengenalkan terlebih dahulu huruf-huruf mati, seperti ng, ny, dan huruf konsonan lainnya apabila dijadikan huruf mati.

5.Melatih anak untuk membaca kata utuh
Mulanya mungkin anak akan kesulitan untuk tidak mengeja, jadi harus mengeja terlebih dahulu. Peran Ibu disini harus giat melatih anak supaya dapat cepat membaca tanpa mengeja. (VIA)

Related posts