Triple Untung PKB Di Samsat Karawang

Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau Samsat Kabupaten Kabupaten Karawang, Jawa Barat meluncurkan program tripel untung plus untuk masyarakat wajib pajak dalam membayar pajak kendaraannya.

Program yang diadakan oleh Pemprov Jabar ini diketahui sudah tiga kali meluncurkan tripel untung plus untuk seluruh lapisan masyarakat Jawa Barat, yang dimulai pada 1 Agustus hingga 24 Desember 2021 mendatang. Dalam program ini banyak keuntungan yang diperoleh.

Kepala Bapenda Jawa Barat wilayah Karawang, Elis Yatimah didampingi Plt. Asda Dua, Hanafi melakukan sosialisasi terkait program tersebut secara virtual di Comand Centre Gedung Singaperbangsa Komplek Pemda Karawang, Selasa (10/08/2021). Kegiatan tersebut dihadiri para peserta perwakilan dari seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan kecamatan se-Kabupaten Karawang.

Sesuai dengan namanya akan ada tiga keuntungan yang diperoleh wajib pajak dalam program ini. Pertama, bebas denda bagi warga yang terlambat membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Namun, pembebasan denda ini tidak berlaku untuk kendaraan bermotor baru, ubah bentuk, lelang atau eks-dump yang belum terdaftar serta belum ganti mesin.

Kedua, bebas pokok dan denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) II. Keringanan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin melakukan proses BBNKB kedua dan seterusnya di wilayah Jawa Barat.

Ketiga, bebas tunggakan (PKB) tahun kelima. Pemberian ini diberikan kepada Wajib Pajak yang memiliki kewajiban tunggakan pajak lebih dari 5 tahun. Selain itu, wajib pajak diberikan pengurangan sebagian Pokok BBNKB atas penyerahan pertama, sebesar 2,5% BBNKB atau diskon untuk bea balik nama kendaraan baru.

Adapun Pengurangan Pokok PKB yang diberikan kepada seluruh masyarakat Jabar bisa dibayarkan dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Pembayaran saat jatuh tempo sampai dengan 30 hari sebelum jatuh tempo, diberikan Diskon sebesar 2%;
2. Pembayaran lebih dari 30 sampai dengan 60 hari sebelum jatuh tempo, diberikan Diskon 4%;
3. Pembayaran lebih dari 60 sampai dengan 90 hari sebelum jatuh tempo, diberikan diskon sebesar 6%;
4. Pembayaran lebih dari 90 hari sampai dengan 120 hari sebelum jatuh tempo, diberikan Diskon sebesar 8%;
5. Pembayaran lebih dari 120 hari sampai dengan 180 hari sebelum jatuh tempo, diberikan Diskon sebesar 10%. (Dwi, foto: Diskominfo Karawang)

Related posts