Unik, Inen Signature Gunakan Pewarna Dari Kayu Secang


Selain sebagai minuman kesehatan, kayu secang ternyata memiliki manfaat lainnya yakni sebagai pewarna pakaian. Inilah yang dilakukan brand fashion lokal Inen Signature pada busana yang di tampilkan pada MUFFEST 2021 di KotaKasablanka.

“ Pemilihan kayu secang terinspirasi dari kondisi pandemi, dimana secang merupakan bahan alami yang biasa digunakan sebagai minuman kesehatan. Berbekal alasan itulah kami mencobanya untuk bahan pewarna alami. Hasilnya lumayan bagus. Karena itulah kami pun menggunakannya untuk parade fashion di MUFFEST ini ,” kutip isi dari siaran pers Inen Signature,Sabtu (27/3/2021).

Selain secang, Inen Signature juga menggunakan teknik ecoprint yakni mengolah kain dengan menggunakan serat alami seperti kayu,akar, daun dan buah sebagai media pewarnaanya. “ Hasilnya pun lumayan bagus. Dan disukai banyak orang,” jelas rilis tersebut.

Terkait alasan menggunakan ecoprint dan secang di dalam teknik pewarnaannya, Inen Signature menjelaskan bahwa ini merupakan bentuk dukungan dalam menjaga bumi.” Seperti kita ketahui pewarna sintetis menghasilkan limbah yang dapat merusak lingkungan dan ekosistem di dalamnya. Kami pun menyadari itu, sehingga kami pun mencari alternatif pewarna yang ramah lingkungan. Setelah beberapa kali mencoba kami pun menemukannya yakni teknik pewarnaan dengan ecoprint dan kayu secang,” tutup Inen Signature.(Hs.Foto.Adi)

Related posts