Untuk Kedua Kalinya, Korea Utara Kirim Ratusan Balon Sampah Ke Korea Selatan

Jakarta, GPriority.co.id – Korea Utara sekali lagi mengirimkan ratusan balon berisi sampah melintasi perbatasan ke Korea Selatan. Menurut laporan Kantor Berita Yonhap yang mengutip militer Korea Selatan, kali ini Pyongyang menerbangkan sekitar 310 balon dalam semalam.

Aksi ini baru terjadi setelah Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memberikan himbauan tentang potensi ‘tindakan balasan’, pada siaran di pengeras suara dan selebaran di Korea Selatan.

“Balon berisi limbah terbaru yang dikirim Minggu malam (9/6), berisi kertas bekas dan plastik. Sejauh ini tidak ada bahan beracun yang terdeteksi,” lapor Yonhap, mengutip Kepala Staf Gabungan Korea Selatan. Pada Senin (10/6) pagi, tidak ada balon tambahan yang dilaporkan.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Minggu (9/6) lalu, Kim Yo Jong memperingatkan Korea Selatan melalui siaran pengeras suara dan penyebaran selebaran.

“Jika Korea Selatan secara bersamaan menyebarkan selebaran dan menyiarkan provokasi melalui pengeras suara melintasi perbatasan, maka mereka pasti akan menyaksikan tindakan balasan baru dari Korea Utara,” dikutip dari kantor berita Korea Utara KCNA.

Mengacu pada siaran melalui pengeras suara, Kim berkata, “Ini adalah awal dari situasi yang sangat berbahaya.”

Foto : The Hankoryeh