Wakil Presiden Ma’ruf Amin Akan Buka Rakernas XV Apkasi Tahun 2023 dan Pameran AOE 2023

Penulis: Dimas | Editor: Lina F | Foto: Humas Apkasi

Jakarta,GPriority.co.id-Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan akan membuka kegiatan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Rakernas Apkasi) dan Pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023. Kepastian ini disampaikan Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang setelah mengikuti rapat koordinasi dengan Sekretariat Wakil Presiden secara daring, Selasa (18/7).

Sarman mengatakan, dengan kesediaan Wakil Presiden Ma’ruf Amin membuka kegiatan Rakernas XV Apkasi Tahun 2023 dan Pameran AOE 2023 pada Kamis, 20 Juli 2023 di Nusantara Hall, ICE BSD Kabupaten Tanegrang merupakan kehormatan tersendiri bagi Apkasi. “Kini lengkap sudah kegiatan Apkasi pernah dibuka dan diresmikan oleh Presiden Jokowi dan sekarang akan dibuka oleh Wakil Presiden dan tentu ini menyejukkan bagi kita semua di tengah situasi menjelang hadirnya tahun politik,” katanya.

Sarman menjelaskan Apkasi menggelar kegiatan Rakernas XV Tahun 2023 sebagai amanah AD/ART organisasi. Dalam rakernas ini, Sarma mengatakan akan dibahas berbagai persoalan-persoalan yang telah diakomodir melalui rapat kerja koodinator wilayah Apkasi. “Di mana dalam rapat korwil daerah telah menginventarisir isu-isu di daerah untuk dibahas bersama di tingkat nasional,” ujarnya sambil menyebut rapat Kowril Apkasi telah dilaksanakan di Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Lampung dan Bali. Dalam Rakernas Apkasi, imbuh Sarman juga dibahas kesiapan daerah dalam mendukung terlaksananya Pemilu Tahun 2024.

Sarman juga menambahkan bahwa kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini, merupakan implementasi salah satu tugas dan peran organisasi dalam memfasilitasi kegiatan promosi komoditi, peluang investasi dan pengembangan destinasi pariwisata bagi anggota Apkasi yang meliputi 416 pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia. “Ini upaya kongkret Apkasi dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, melalui kebangkitan ekonomi di daerah,” imbuhnya.

Dalam pameran bertajuk AOE 2023 ini, lanjut Sarman, mayoritas diikuti oleh pemerintah kabupaten selaku anggota Apkasi, kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, perusahaan BUMN, swasta nasional dan UMKM. “Khusus pemerintah kabupaten akan menampilkan potensi komoditas unggulan dan peluang investasi. Selama kegiatan pameran berlangsung juga akan dilaksanakan business matching dengan mengundang investor luar negeri,” pungkasnya.

Dengan adanya business matching ini, Sarman menambahkan, pemerintah kabupaten bisa berjejaring global untuk menggerakkan perekonomian di daerah melalui peluang perdagangan komoditas unggulan maupun investasi yang akan masuk ke darah.

“Kami telah bekerjasama dengan asosiasi dagang dari luar negeri yang berkantor di Jakarta dan mereka siap mendatangkan buyer dan investor untuk mengikuti pameran ini.”

Selain itu, Sarman pun mengajak bagi masyarakat di Jakarta dan sekitarnya yang rindu kampung halaman, bisa berduyun-duyun ke arena pameran AOE 2023 ini yang akan berlangsung pada 20-22 Juli 2023, di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

“Kegiatan exhibition ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Selain ada aneka komoditi dan produk UMKM khas daerah, di dalam pameran juga akan dimeriahkan dengan berbagai penampilan pentas seni dan budaya,” jelasnya.

Di dalam kegiatan pameran AOE 2023, Sarman menambahkan juga akan ditampilkan koleksi kain khas nusantara yang dikemas dalam bentuk fashion show. “Fashion Show Wastra Nusantara menjadi side event yang menarik untuk disaksikan, juga nanti akan ada tamu spesial Vanny Vabiola, penyanyi yang memiliki suara karakter kuat dan tinggi serta penampilan special dari grup band Element yang siap menghibur pengunjung pameran,” katanya sambil mengatakan di arena pmaeran akan bertambah seru dengan adanya kegiatan lomba mewarnai tingkat TK. Tak hanya pameran, para peserta pameran khususnya dari Pemerintah Kabupaten juga akan diajak mengikuti kegiatan studi tiru ke Ketapang Urban Aquaculture yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang. “Diharapkan dari kegiatan ini, ada oleh-oleh yang bisa dibawa pulang mengenai keberhasilan Pemkab Tangerang mendesain dan mengelola tempat wisata hingga menjadi viral. Serta kami juga menggelar event Anugerah Jurnalistik Apkasi untuk ketiga kalinya sebagai apresiasi Apkasi kepada rekan-rekan jurnalis yang ikut aktif mempublikasikan upaya-upaya pembangunan di daerah dan peran pemkab dalam menggerakkan roda perekonomian di wilayahnya masing-masing,” tukasnya.