Bersama Provinsi Riau dan Bali, Pemprov Kaltim Raih Penghargaan APPI 2023

Penulis: Dimas | Editor: Lina F | Foto: IG @pemprov_kaltim

Jakarta,GPriority.co.id-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) dalam kompetisi Lomba Video Kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) antar Dinas Pariwisata se Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi, saat malam puncak Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 di Gendung Kemenparekraf, Jakarta, Senin (17/7).

“Apresiasi ini hasil kompetisi Lomba Video Kreatif Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) antar Dinas Pariwisata seindonesia, sejak Maret hingga Juni lalu,” ucap Sandiaga dalam keterangan resminya dilansir melalui Instagram resmi @pemprov_kaltim, Selasa (18/7).

Ke depan, kata Sandi Pemerintah Pusat melalui pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan pergerakan usaha kepariwisataan dan ekonomi kreatif yang dilaksanakan mencapai 1,4 miliar pergerakan.

Karena itu, Sandi berharap dukungan berbagai pihak diperlukan untuk menyukseskan program pengembangan kepariwisataan dan ekonomi kreatif di daerah, terlebih pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota se Indonesia. “Kita patut bersyukur atas anugerah diberikan Allah SWT, keindahan dan kekayaan wisata yang besar dan luas serta menarik. Sebab, potensi atau industri pariwisata dan ekonomi kreatif mampu menciptakan lapangan pekerjaan hingga mencapai enam kali lipat besarnya dari industri lainnya,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wagub Hadi Mulyadi mengatakan sangat senang dan bangga Pemprov Kaltim kembali meraih penghargaan nasional di Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurutnya, mewujudkan program Menpar Sandiaga agar industri pariwisata dan ekonomi kreatif bangkit dan maju. Dukungan seluruh pihak diperlukan, mulai pemerintah daerah, swasta maupun masyarakat saling bersinergi dan berkolaborasi.

“Kita berharap Kaltim ke depan mampu menjadi inspirasi seluruh daerah untuk berkompetisi meraih sebanyak-banyaknya pergerakan pariwisata dan ekonomi kreatif. Karena potensinya ada,” tegasnya, didampingi Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim Restiawan Baihaqi.

Penghargaan APPI yang diraih Kaltim untuk kategori provinsi pengembang seni dan budaya diserahkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno. Tercatat, ada 10 provinsi dan 24 kabupaten/kota se Indonesia meraih APPI 2023, diantaranya Provinsi Kaltim, Riau, Kepulauan Riau, Bali dan Jawa Tengah.