Wisata Alam Batu Mentas Belitung

Seperti Pulau Bangka, Pulau Belitung juga kaya akan pemandangan indah dengan pantai berlaut tenang, pasir putih yang lembut dan formasi granit-granit raksasa. Tanah kelahiran Laskar Pelangi ini menyimpan kekayaan budaya, sejarah, serta keindahan bawah laut. Pecinta fotografi menobatkan pulau penghasil kaolin ini sebagai surga fotografi.

Salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Pulau belitung adalah Batu Mentas. Merupakan area konservasi berjarak sekitar 20 Km dari pusat Belitung, Tanjung Pandan. Terletak di Dusun Kelekak Datuk, Kecamatan Badau.

Disini terdapat kawasan konservasi Tarsius Bencanus Sahatore, hewan primata yang hanya terdapat di Pulau Belitung. Ada juga penangkaran hewan lainnya seperti rusa dan pelanduk.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan pengunjung yaitu menyusuri sungai dengan kano sambil menyaksikan pemandangan alam pegunungan yang menyegarkan. Kemudian hiking, flyingfog, berenang, berkemah, memancing, dan menelusuri hutan.

Apabila  ingin merasakan suasana malam di hutan, pihak pengelola juga telah menyedikan tempat menginap berupa Indosafaritent dan beberapa rumah pohon yang presentatif. Sangat pas sebagai destinasi liburan keluarga. (VIA)

Related posts