Yuk Intip Bunga Bangkai Raksasa yang Mekar di Arboretum Lukito Dayardi Jakarta

Bunga bangkai raksasa atau dalam nama lartin disebut Amorphophallus titanum merupakan tumbuhan asli Indonesia dan flora endemik Sumatera.

Dikabarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Kamis (09/12/21), bunga bangkai raksasa berhasil mekar di Arboretum Lukito Daryadi di kompleks Manggala Wanabakti, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Bunga bangkai raksasa atau kibut dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia. Sesuai dengan namanya, ciri bunga ini mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk.

Bau tersebut berfungsi untuk mengundang kumbang, lalat, atau serangga untuk menyerbuki bunganya.

Bunga bangkai memiliki 2 fase dalam hidupnya yaitu fase vegetatif (aseksual) dan generatif (seksual). Selama fase vegetatif, di atas umbi akan muncul batang tunggal dan daun yang sekilas mirip pohon pepaya.

Proses pertumbuhan bunga hingga mekar diketahui membutuhkan waktu selama 3 tahun.

Apabila selama masa mekar bunga bangkai terjadi pembuahan, maka akan terbentuk buah-buah berwarna merah dengan biji pada bagian bekas pangkal bunga. Biji-biji ini bisa ditanam menjadi pohon pada fase vegetatif.

“Sobat Hijau, bersyukur ya kita masih bisa melihat tanaman unik yang ditemukan di Indonesia,” tulis akun instagram @kementerianlhk. (Dw.foto.dok. Kementerian LHK)

Related posts