Ini Cerita Peserta Seleksi CPNS Tahap 2

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di seluruh Indonesia masih berlangsung hingga saat ini. Para pejuang yang ingin mengabdikan dirinya pada negara masih harus mengikut Tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang).

Adapun yang saat ini melaksanakan SKB, sebelumnya sudah melaksanakan dan lulus pada tahap SKD (Seleksi Kompetensi Dasar).

Salah satu peserta SKB dari Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Atikah saat ditemui di Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jakarta membagikan ceritanya saat Ia mengikuti tes SKB.

“Ini merupakan tes CPNS pertama saya, kebetulan saya lulus di akhir tahun 2019, ketika lulus inginnya langsung daftar CPNS, hanya saja di tahun 2020 kemarin seleksi CPNS belum dibuka,” katanya Jum’at (10/12/21).

Ketika ditanya persiapan yang sudah dilakukan hingga ke tahap SKB, Atikah mengatakan bahwa sebelumnya harus teliti dulu saat melakukan seleksi pada tahap Administrasi.

“Seleksi CPNS ini tahapannya pertama seleksi Administrasi, kemudian SKD, SKB, pemberkasan. Sebelum melakukan tes-tes tersebut kita harus teliti saat seleksi Administrasi, karena jika ada satu saja berkas yang kurang atau salah maka dinyatakan gugur,” tuturnya.

Setelah dinyatakan lulus Administarsi, maka hal yang harus dipersiapkan yaitu belajar untuk SKD.

“Belajar lagi itung-itungannya, pengetahuan umum, kewarganegaraan, dan belajar tentang sikap atau karakteristik pribadi yang tepat sebagai ASN,” lanjutnya.

“Setelah dinyatakan lolos SKD, lanjut ke tahap SKB belajar tentang jabatan atau formasi yang kita daftar. Kebetulan saya mendaftar formasi Jurnalis, yang saya pelajari tentang Ilmu Komunikasi dan Jurnalistik, dibuka lagi pembahasan semasa kuliah, nyari informasi lewat telegram seperti masuk grup CPNS, nanya sama temen-temen seperjuangan lain yang udah tes, dan Alhamdulillah mereka baik-baik ada yang ngasih FR (Field Report), pembahasan apa aja nih yang keluar, dan juga lihat youtube, ikut tryout online, dan cara lainnya,” jelasnya.

Diketahui, berdasarkan informasi dari BKN saat ini merupakan seleksi SKB tahap dua yang sudah berlangsung sejak 27 November hingga 18 Desember 2021. (Dw.foto.dok.Kadin Kominfotik Jaksel)

Related posts