Yuk Intip Manfaat Mugwort, Daun Baru Cina Untuk Kesehatan


Mugwort atau dikenal juga dengan nama daun baru Cina merupakan tumbuhan herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Daun baru Cina dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, memiliki efek antioksidan, antibakteri, antijamur, antiinflamasi, antitumor, termasuk mengurangi stres.

Tanaman herbal ini juga digunakan dalam terapi akupuntur dengan trknik moksibusi. Daun akan digulung membentuk kerucut, kemudian dibakar di atas titik-titik tertentu tubuh.

Selain itu, mugwort juga bisa diekstrak menjadi minyak atsiri, diseduh sebagai teh, diolah menjadi bumbu makanan, atau diolah dan dikemas menjadi pil atau suplemen.

Akar dari tanaman mugwort ini juga bisa diolah menjadi tonik yang dipercaya bisa meningkatkan energi.

Manfaat dari tanaman mugwort diantaranya:

– Dapat mengurangi stres, menenangkan sistem saraf, meningkatkan energi, meredakan kecemasan, gangguan tidur, dan depresi.

– meredakan gatal yang disebabkan oleh bekas luka atau luka bakar.

– Membantu proses persalinan normal. Hal ini diyakini karena mugwort dapat memicu kontraksi rahim.

– Meredakan kram perut akibat menstruasi dengan menggunakan teknik moksibusi yang dilakukan dengan daun mugwort

– Mengatasi masalah pencernaan, menjaga kesehatan hati, menurunkan tekanan darah.

Meskioun banyak manfaat yang terkandung dari mugwort, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsinya. Karena tidak semua orang disarankan untuk menggunakan mugwort.

Seperti orang yang memiliki alergi terharadap tanaman herbal atau tanaman yang termasuk dalam keluarga Asteraceae, seperti bunga matahari, bunga aster, daun stevia, atau chicory.

Selain itu, ibu hamil, terutama yang kehamilannya masih berusia sangat muda, tidak disarankan untuk menggunakan mugwort. Begitu pun dengan ibu menyusui.

Maka dari itu, ada baiknya sebelum menggunakan mugwort konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. (Dw.foto.dok.Istimewa)

Related posts