10 Destinasi Wisata Yang Akan Booming Setelah Covid-19

Jakarta,gpriority-Pandemi covid-19 memukul semua sektor termasuk pariwisata. Meskipun demikian  pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai menerapkan kebijakan-kebijakan seperti  menerapkan insentif seperti diskon tiket pesawat,  penangguhan pajak hotel dan restoran, dan lain-lain.

Penerapan-penerapan itulah yang diiyakini akan kembali menumbuhkan sektor pariwisata di Indonesia pasca covid-19.  Dan ada beberapa sektor pariwisata yang diyakini tumbuh dengan cepat pasca covid-19

  1. Desa Wae Rebo,NTT

DESA Wae Rebo di Flores yang terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini layaknya sebuah surga yang  berada di atas awan.

Meskipun perlu perjuangan untuk bisa mencapainya, namun apa yang didapat ketika sampai ke lokasi sebanding dengan perjalanan yang dilalui yakni pemandangan alam berupa gunung-gunung berpadu dengan 7 rumah adat berbentuk kerucut akan memberi kesan tersendiri bagi setiap pengunjung yang pernah datang ke Desa Wae Rebo.

Keindahan alam Desa Wae Rebo berada di barat daya kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur diyakini bisa membuat wisatawan datang kembali.

2.Danau Toba, Sumut

Wisata danau Toba merupakan dari sedikit wisata danau yang paling terkenal di Indonesia. Selain danau Toba memiliki keindahan alam yang memukau, danau Toba menyimpan cerita legenda yang wajib Untuk anda ketahui. Wisata alam danau Toba merupakan satu diantara dari danau yang menyimpan kekayaan alam yang sangat banyak. Sampai saat ini keindahan danau Toba tidak kalah dengan pemandangan alam yang lain nya.

3.Kota Batu Malang, Jawa Timur

Kota Batu yang terletak di Malang Raya,Jawa Timur merupakan destinasi wisata yang diyakini akan kembali booming. Hal ini dikarenakan tempat-tempat wisata yang berada di Kota Batu memiliki pemandangan yang sangat indah salah satunya wisata Coban Nalun

  1. Kawah Ijen Banyuwangi,Jawa Timur

Kawah Ijen Banyuwangi merupakan salah satu destinasi populer di kalangan wisatawan. Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk menjadi salah satu penarik banyak orang mengunjungi tempat ini. Apalagi dengan adanya fenomena Blue Fire yang sangat hanya ada 2 di dunia.

Fenomena Blue Fire inilah yang mengangkat nama Kawah Ijen menjadi begitu terkenal, bahkan hingga ke luar negeri. Blue Fire atau api biru ini muncul dari belerang pada saat hari sudah gelap. Kamu tidak bisa melihat fenomena Blue Fire ini selain di Kawah Ijen dan di Islandia.

5.Pantai Ora Maluku

Bagi Anda yang suka liburan ke pantai, jangan lupa untuk masukkan Pantai Ora Maluku dalam list pantai yang harus dikunjungi.

Pantai yang  terletak di Pulau Seram, wilayah Taman Nasional Manusela yang berada di dua desa, yaitu Desa Sawai dan Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Provinsi Maluku memiliki keindahan yang tak kalah cantiknya dari Maldives.

Surga tersembunyi di wilayah timur Indonesia ini memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih nan biru. Kekayaan biota laut di perairan di sekitar Pantai Ora juga masih terjaga dengan baik, jadi Anda bisa melihat berbagai jenis terumbu karang cantik dan ikan-ikan yang berenang bebas di sekitarnya. Pemandangan di sekitar Pantai Ora juga sangat cantik. Dijamin Anda bakalan lupa waktu kalau sudah liburan ke pantai ini.

6.Pulau Seribu

Populer sebagai destinasi wisata sejak era 1950-an, tempat wisata di Pulau Seribu kini semakin beragam. Anda tidak perlu mengepak koper dan terbang jauh-jauh ke luar Jakarta. Cukup arahkan kendaraan menuju kawasan Ancol dan naik speed boat untuk tiba di pulau-pulau indah Kepulauan Seribu.

Menyandang nama resmi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, dulu wilayah ini adalah salah satu kecamatan Kota Administrasi Jakarta Utara. Pulau Pramuka menjadi ibu kota kabupaten sejak tahun 2003 dan membawahi dua kecamatan, yaitu Kecamatan Pulau Seribu Utara dan Kecamatan Pulau Seribu Selatan. Dari sekian ratus pulau yang ada di gugusan kepulauan ini, hanya ada 11 pulau kecil yang berpenghuni dan beberapa pulau berfungsi sebagai pulau wisata.

Keberadaan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu seluas 107.489 hektar juga menambah potensi wisata air di wilayah ini. Pulau-pulau yang berada dalam lingkup taman nasional menjadi tempat ideal bagi Anda penggemar snorkeling atau diving. Selain itu, beberapa pulau juga menjadi pulau suaka alam seperti Pulau Rambut dan pulau cagar budaya seperti Pulau Onrust.

Banyaknya objek wisata dan tempat menarik di Pulau Seribu membuat Anda tidak perlu khawatir soal akomodasi. Selain pulau wisata, akomodasi seperti homestay juga tersedia. Anda tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan bujet dan rencana liburan di Pulau Seribu.

6.Pantai Brangsing Banyuwangi, Jatim

Selain pemandangan gunung dan pasir putih di pesisir, Pantai Bangsring juga menyimpan keindahan alam bawah laut yang menawan.

Pantai yang sekarang menjadi wilayah konservasi ini memiliki banyak jenis ikan dan terumbu karang, terdapat sekitar 90 jenis ikan yang hidup di pantai ini, seperti Ikan Anjel Beka, Anjel Doring, Kerapu Tikus hingga Nemo.

Selain ikan dan terumbu karang, bawah laut Bangsring Underwater juga terdapat patung Gandrung yang menghiasi tanaman bawah laut Bangsring Underwater.

Di Bangsring Underwater juga terdapat rumah apung yang berfungsi untuk klinik ikan dan penangkaran ikan hiu, anda bisa merasakan sensasi berenang dengan ikan hiu dan memberi makan ikan dengan roti.

7.Pantai Timang, Yogyakarta

Terletak di Gunung Kidul, DIY Yogyakrta, Pantai Timang memiliki pemandangan yang cantik dan pasir putih di pesisir pantainya.

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, Pantai Timang memiliki wahana yang menantang adrenalin yaitu gondola yang terkenal ekstrem. Gondola itu terbuat dari kayu dan hanya memuat satu penumpang.

Tenaga yang menjalankannya juga bukan teknologi canggih, melainkan tenaga manusia.

Pantai ini semakin dikenal netizen tatkala selebriti asal Korea Selatan, Lee Kwang Soo dan Jeon So Min berkunjung ke tempat tersebut pada 2017 lalu.

Saat itu, baik Kwang Soo dan So Min melakukan syuting variety show ‘Running Man’ dan ditayangkan pada Juli 2017.

8.Pulau Komodo NTT

Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo merupakan pulau yang juga menjadi habitat hewan langkah di negeri ini. Keberadaannya makin tahun makin menyusut. Tentu mengasyikkan bila kita bisa melihat langsung kehidupan hewan yang dilindungi negara ini.

Bukan hanya di Pulau Komodo, habitat komodo juga ada di pulau yang berdekatan dengannya. Seperti di Pulau Rinca. Di pulau tersebut, wisatawan bisa leluasa melihat dan mengamati pola keseharian komodo. Terdapat tempat yang tepat untuk melihat kawanan komodo. Wisatawan bisa mendaki sebuah bukit, yaitu Bukit Ara (538 mdpl). Di atas gunung itu, kawanan komodo banyak hidup secara liar. Selain komodo, satwa lain yang bisa kita lihat, yaitu rusa liar, banteng dan kuda liar.Apakah hanya itu? Tentu tidak. Wisatawan juga bisa menikmati pesona alam yang cantik dan menakjubkan, indahnya pasir putih berhias batu karang serta deburan ombak di pantai. Air laut begitu jernih dan biru serta sinar matahari yang menghangatkan pantai.

9.Pantai Anyer Banten

Pantai Anyer merupakan pantai yang paling popular di Banten. Banyak yang bilang, kawasan ini adalah tempat terindah di ujung barat pulau jawa. Saat datang hari libur, kawasan ini akan dipadati oleh pengunjung.

Bahkan tahun ini, ada beberapa wisatawan mancanegara mulai melirik tempat ini dan dijadikan sebagai incaran baru berwisata di Indonesia.

Mereka menganggap, wisata pantai anyer tidak kalah indahnya dengan pantai yang ada di Bali. Atau pantai yang terletak di Sulawesi dan papua.

Sehingga, objek wisata ini layak untuk dikunjungi sebagai alternatif menghabiskan liburan. Apalagi, kawasannya yang cukup dekat dengan Jakarta, sebagai gerbang masuk menuju ke Anyer.

10.Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Dataran Tinggi Dieng terkenal dengan udara sejuknya karena berada di ketinggian 2.093 meter di atas permukaan laut. Tak hanya pemandangan gunung saja, ada beberapa spot menarik untuk dikunjungi karena keindahan alamnya, salah satunya adalah Kawah Sikidang yang terdapat di Dieng Timur.

Kawah Sikidang menawarkan pemandangan yang sangat mempesona, perpaduan asap belerang, hamparan bukit hijau dan tanah kapur yang begitu kontras.(Hs)

 

 

 

Related posts