10 Negara Dengan Tingkat Korupsi Paling Tinggi di Dunia, Ada Korea Utara!

Jakarta, GPriority.co.id – Korupsi sudah menjadi hal yang awam di suatu negara. Bahkan banyak negara di dunia yang pemerintahnya secara terbuka melakukan tindakan korupsi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

Berikut ini daftar 10 negara dengan tingkat korupsi paling tinggi di dunia.

  1. Somalia
    Somalia mendapat skor 11 dari 100, dan masuk daftar negara dengan tingkat korupsi paling tinggi di dunia.
  2. Venezuela
    Venezuela mendapat skor 13 dari 100 dalam ukuran korupsi, berdasarkan data dari Indeks Transparansi.
  3. Suriah
    Suriah juga mendapat skor 13 dari 100 dan merupakan salah satu negara paling banyak melakukan tindakan korupsi di Timur Tengah.
  4. Sudan Selatan
    Sudan Selatan juga mendapat skor 13 dari 100, dan merupakan salah satu dari tiga negara yang menduduki peringkat terendah di benua Afrika.
  5. Yaman
    Yaman mendapat skor 16 dari 100 pada skala korupsi. Indeks Transparansi menyebut bahwa negara Yaman baru saja mengalami penurunan tingkatan dari daftar ini.
  6. Nikaragua
    Negara yang terletak di Amerika Tengah ini mendapat skor 17 dari 100, dan merupakan salah satu negara paling korup di benua Amerika.
  7. Korea Utara
    Korea Utara juga mendapat nilai 17 dari 100, dan merupakan negara paling tinggi korupsi di kawasan Asia Pasifik.
  8. Haiti
    Haiti juga mendapat skor 17 dari 100 dan merupakan salah satu dari tiga negara dengan tingkat korupsi terburuk di benua Amerika, bersama dengan Nikaragua dan Venezuela.
  9. Guinea Ekuator
    Salah satu negara di Afrika Tengah ini juga mendapat nilai 17 dari 100 dan menjadi salah satu negara paling korup di dunia.
  10. Turkmenistan
    Di Asia Tengah, Turkmenistan adalah negara paling korup dengan skor indeks korupsi 18 dari 100.

Foto : Freepik / daju_project