10 Ribu Gamers Siap Bersaing di ILUNI UI Esports Championship


Jakarta,Gpriority-Pandemi Covid-19 membuat jumlah Gamers (sebutan bagi pemain game) meningkat dengan pesat. Alasan itulah yang membuat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) melalui Millennial and Business Center menggelar ILUNI UI Esports Championship yang akan berlangsung 18 hingga 20 Desember.

“Kami mengajak 10 ribu gamers di seluruh Indonesia untuk bertanding dalam kompetisi Mobile Legend Bang Bang yang memperebutkan hadiah total senilai 150 juta rupiah,” ucap Ketua Millennial and Business Center ILUNI UI, Muhammad Pradana Indraputra, dalam sesi jumpa pers secara virtual, Sabtu siang (24/10).

Lebih lanjut dikatakan Muhammad Pradana Indraputra, ILUNI UI Esports Championship hadir sebagai bentuk dukungan ILUNI UI terhadap industri digital kreatif esports di Indonesia. “Industri esports terus berkembang setiap tahunnya, untuk itu Millennial and Business Center ILUNI UI menggagas kompetisi e-sport pertama dari Alumni UI untuk dapat mendukung perkembangan ekosistem digital kreatif. Kompetisi ini diharapkan dapat turut mengembangkan potensi para alumni muda khususnya melalui berbagai acara yang memberikan wadah dan wawasan akan tren industri saat ini,” papar Muhammad Pradana Indraputra.

Sementara itu, Ketua Pelaksana ILUNI UI Esports Championship, Rob Clinton, menyebut kehadiran delapan tim besar yang ikut bertanding dalam ajang ini akan menjadi daya tarik dan pengalaman menarik bagi tim lainnya maupun penggemar Mobile Legend. “Saat ini sudah ada empat tim besar dari Woman Star League yang akan bergabung yaitu SIREN MOON, BELLETRON BATLLE ANGELS, EVOS ESPORTS, dan AE APHRODITE. Sementara itu masih ada empat tim besar lain yang akan bergabung, salah satunya adalah MDL. Moonton selaku developer dari Mobile Legend Bang Bang pun telah memberikan dukungan penuh untuk ajang ini,” paparnya.

Asosiasi Video Games Indonesia (AVGI) turut mendukung pelaksanaan ILUNI UI Esports Championship. Sekretaris Jenderal AVGI, Angki Trijaka, mengapresiasi inisiasi ILUNI UI dalam menghadirkan ajang kompetisi e-sports yang bergengsi. “AVGI mendukung penuh pelaksanaan ILUNI UI E-sports Championship yang dapat turut mengembangkan industri e-sports di Indonesia. Dukungan ini kami wujudkan melalui kolaborasi AVGI dengan ILUNI UI dalam menghadirkan ajang pertandingan e-sport bergengsi menggunakan sistem National Open Qualifier yang mengundang hingga 10,000 pemain dari 2,000 tim di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Angki lalu menambahkan bahwa industri e-sports memberikan peluang yang menjanjikan bagi Indonesia, salah satunya Mobile Legend yang akan dikompetisikan dalam ajang ini, telah memiliki penggemarnya sendiri di Indonesia. Bahkan, tim Mobile Legend dari Indonesia telah mengukir prestasi dan cukup dikenal di kancah internasional. Ia berharap industri e-sports dapat semakin berkembang dengan dukungan dari berbagai pihak dan makin banyak pihak yang mengikuti jejak ILUNI UI mengadakan ajang kompetisi esports di Indonesia.

ILUNI UI Esports Championship akan hadir dengan empat kali babak kualifikasi yang akan dimulai sejak 28 November – 13 Desember 2020. Setiap babak dibagi menjadi empat grup dengan tiap grup terdiri dari 1.024 tim. Para pecinta e-sports dapat menyaksikan pertandingan ini melalui live streaming setiap babak final kualifikasi serta puncak playoff final yang akan berlangsung pada 18 – 20 Desember 2020 melalui kanal Youtube ILUNI UI. Hadir pula para caster Mobile Legend ternama Indonesi seperti Iius Andre, Clara Monstar, Riyan Batitstuta “KB”, Momo Chan, Fauzianska Ramadhan “Ranger Emas”, dan Ferry Ferdiansyah “Pak Pulung” yang akan meramaikan jalannya pertandingan. (Hs.Foto.dok.ILUNI UI)

Related posts