150 Orang ODP, Pemprov Babel Terus Antisipasi Penyebaran Covid-19

Bangka,Gpriority – Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan tindakan cepat dalam pencegahan penularan Virus Corona (Covid-19) di Kepulauaan Babel. Salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Bandara Hananjudin Belitung serta beberapa pelabuhan di setiap kabupaten/kota, pada Senin (23/3/2020).

Para penumpang yang datang dari luar Bangka harus menjalani proses penyemprotan cairan disinfektan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi para penumpang pesawat yang masuk ke Pulau Bangka agar tidak membawa virus Covid-19.

Pemprov Babel berusaha terus menghalau Covid-19, walaupun saat ini di Babel belum ditemukan kasus positif Covid-19. Beberapa pusat perbelanjaan seperti Bangka Trade Center (BTC) dan pasar tradisional juga sudah ditutup.

Menurut Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, pihaknya menginstruksikan untuk meniadakan atau mengurangi seluruh kegiatan bersifat keramaian. Kegiatan keagamaan ataupun event apapun yang bersifat keramaian harus ditiadakan. Bahkan Pemprov Babel akan meniadakan kegiatan Safari Ramadhan dan Open House Lebaran untuk tahun ini.

Terkait dengan data pasien yang positif corona di Babel berdasarkan data resmi Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) per 23 Maret 2020 pukul 21.00 WIB, saat ini tercatat ada 150 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 19 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 18 dalam proses pemeriksaan, dan 8 dinyatakan negatif Covid-19.

Meski tidak terdapat kasus positif Covid-19 di Babel, namun pemerintah terus melakukan berbagai antisipasi untuk mencegah penularan virus tersebut. Seperti penyemprotan disinfektan di bandara, pelabuhan, dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Tak hanya dari pihak pemerintah, Relawan Aliansi Cegah Corona juga bergerak cepat. Mereka melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat rumah ibadah di wilayah Koba, Bangka Tengah pada Senin (23/3/2020).

Menurut Weni, Ketua Aliansi Cegah Corona Babel Weni kegiatan ini memprioritaskan penyemprotan di titik-titik perkumpulan salah satunya rumah ibadah.

“Mengingat penyebaran Covid-19 yang sudah mewabah dan menelan korban jiwa, kita bersama tokoh masyarakat, anggota dewan dan tokoh agama, melakukan penyemprotan disinfektan ketempat-tempat ibadah,”ujarnya. (VIA)

Related posts