Jokowi Ungkap Alasan Larang Lockdown Saat Rapat Dengan Gubernur

Jakarta,Gpriority- Pada saat melakukan rapat dengan para gubernur melalui video conference pada Selasa (24/3/2020) di Istana Negara, Jakarta, Jokowi mengatakan ia kerap mendapatkan pertanyaan kenapa tidak melakukan lockdown seperti negara lain. Jokowi menegaskan bahwa setiap negara memiliki karakter dan budaya yang berbeda. Memiliki kedisiplinan yang berbeda-beda.

“ Oleh karena itu kita tidak memilih jalan itu (lockdown),” ucap Jokowi.

Jokowi mengaku sudah mempelajari hal ini matang-matang dengan melakukan analisis terhadap kebijakan semua negara yang terjangkit Covid-19. Laporan dari Kemenlu terkait kebijakan tiap negara dalam menghadapi pandemi ini dilaporkan tiap hari ke Jokowi. “Sehingga negara kita yang paling pas adalah physical distancing, menjaga jarak aman, itu yang paling penting. Kalau itu yang bisa kita lakukan saya yakin bahwa kita bisa mencegah penyebaran covid 19 ini,” kata Jokowi. Oleh karena itu, Jokowi juga meminta pemda mengawal betul kebijakan physical distancing ini. Ia meminta pemda memastikan kesehatan masyarakat menjadi yang utama, namun sekaligus memastikan ekonomi tetap terjaga.

Sementara itu sebanyak enam pemerintah daerah mengambil kebiijakan lokcdown atas luas wilayah dalam menghadapi  covid-19.(hs)

Related posts